Sempurnakan RKPD 2018, Bappelitbangda Depok Gelar Konsultasi Publik

Posted on

Depoknews — Dalam rangka menyempurnakan dan mempertajam rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Depok tahun 2018, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar Konsultasi Publik, di Aula Bappelitbangda, Lantai 3, Gedung Baleka 1, Kamis (19/01/2016), seperti release humas.depok.go.id

”Pada hari ini, kita berkumpul untuk melakukan konsultasi publik rancangan awal RKPD Kota Depok Tahun 2018, sebagai media untuk mempertajam program maupun isu-isu prioritas, yang telah digagas dan diperbincangkan oleh seluruh pemangku kepentingan,” ujar Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengawali sambutannya.

Pelaksanaan  konsultasi publik ini menjadi hal yang sangat penting, karena sebagai bahan untuk penyusunan RKPD,  yang menjadi acuan utama penyusunan kebijakan dan program pembangunan serta penyusunan anggaran tahun 2018. “Setelah melakukan proses Forum Group Discussion (FGD) penyusunan isu strategis secara marathon dengan seluruh OPD dan stakeholder yang merupakan bagian dari proses penyusunan dokumen RKPD Kota Depok Tahun 2018, saya menekankan bahwa perumusan isu strategis tersebut tidak keluar dari prioritas pembangunan RPJMD Kota Depok Tahun 2016-2021,” jelas Pradi.

Forum konsultasi publik dimaksudkan untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun 2018. “Saya berharap para kepala OPD segera melakukan mekanisme pelaksanaan kegiatan lebih awal terutama untuk kegiatan fisik dan melaporkan perkembangan secara berkala dan berjenjang, mengingat APBD Tahun 2017 telah ditetapkan dan rencana kegiatan telah disampaikan,” harap Pradi.

Disela-sela sambutannya, Pradi juga turut mendoakan Walikota Depok, Mohammad Idris yang tengah menjalan ibadah umroh. “Kita doakan bersama, semoga Walikota Depok yang tengah menjalankan ibadah umroh agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadahnya, senantiasa diberi kesehatan sampai kembali ke tanah air,”ujarnya.

Usai membuka acara, Pradi juga menyampaikan beberapa kegiatan yang merupakan janji Walikota Depok dan Wakil Walikota Depok selama kampanye akan direalisasikan secara bertahap. Seperti pembangunan RSUD di wilayah timur, pelayanan puskesmas 24 jam di tiap kecamatan, puskesmas rawat inap, program peduli pendidikan seperti bantuan siswa miskin atau rawan DO, peningkatan kesejahteraan guru honorer dan guru swasta, pembangunan taman kelurahan, pembangunan alun-alun kota, pembangunan pusat kreasi rakyat, panggung budaya dan kreatif, balai kreatif dan griya pamer, peningkatan insentif RT, RW dan LPM, peningkatan dana operasional bagi kader posyandu dan posbindu, pemberian dana insentif bagi pembimbing rohani. “Pelayanan publik seperti kesehatan dan pendidikan juga menjadi prioritas buat kita,” ungkapnya (muj)