Seminar Lansia, Mengawali Rangkaian HLUN 2018

Posted on 204 views

DepokNews — Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Sosial Kota Depok kembali memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kota Depok Tahun 2018. Adapun rangkaian HLUN diawali dengan Seminar Lanjut Usia (Lansia) pada tanggal 17 April; Pelatihan Lansia pada tanggal 19 April; Roadshow, senam dan curhat lansia di 11 kecamatan pada tanggal 23 April s.d 7 Mei; Lomba Lansia pada tanggal 9 Mei dan puncak HLUN Tingkat Kota Depok pada tanggal 15 Mei 2018.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dodi Rustyadi mengatakan Seminar Lansia ini diikuti 100 orang peserta yang terdiri dari tiga generasi yang mewakili 63 kelurahan se-Kota Depok dan OPD terkait. “Tiga generasi tersebut yakni lansia yang berasal dari Organisasi Lansia Kelurahan, Pra Lansia yang mewakili dari Posbindu Kelurahan dan generasi muda yang mewakili kelurahan,” terangnya, pada acara Seminar Lansia, di Aula Teratai, Lantai 1 Gedung Balaikota Depok, Selasa (17/04/2018).

Lanjutnya, diharapkan tiga generasi ini akan bisa menyampaikan kembali hasil dari Seminar Lansia. Selain itu, keterlibatan tiga generasi dalam Seminar Lansia diharapkan akan membangun sinergi antara generasi muda yang menyayangi Lansia dan Lansia yang mengayomi generasi muda.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna berharap melalui kegiatan yang mengusung tema “Mempersiapkan Lansia yang sehat fisik dan mental, aktif dan produktif” dapat lebih memantapkan Lansia Kota Depok menjadi Lansia yang tangguh, produktif serta memiliki peran di masyarakat dan keluarga. “Pemerintah Kota Depok terus berupaya dalam pemenuhan hak-hak Lansia termasuk sarana dan prasarana umum serta fasilitas yang ramah Lansia,” kata Pradi. Hal ini dalam rangka memaksimalkan upaya peningkatan kesejahteraan sosial yang bertujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif serta kemandirian dan kesejahteraan para Lansia, demi terwujudnya Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius.