Seminar Digital Marketing Lisuma Gunadarma “The Power Of Digital Marketing”

Posted on 420 views

DepokNews — Sabtu, 12 Mei 2018. Organisasi Lingkar Studi Mahasiswa Gunadarma atau yang dikenal Lisuma Gunadarma mengadakan seminar digital marketing dengan tema “The Power of Digital Marketing” di gedung Balai Kota Depok, Jawa Barat. Seminar tersebut turut dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Sidik Mulyono, M.Eng selaku Kepala Dinas Kominfo dan Bapak  Muhammad Fitriawan ST,MT selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok. Seminar tersebut juga diisi oleh pemateri yang sangat berkompeten dalam bidangnya yaitu Fariz Adlan selaku Founder of Rumah Berdaya dan Harjianto selaku Founder Kampung Teknologi Foundation.

Seminar berjalan dengan lancar, yang dibuka dengan do’a bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara tersebut juga di meriahkan oleh tarian tradisional Indonesia yang dikombinasikan dari berbagai macam daerah menjadi satu. Dilanjutkan dengan sambutan dari Zicco Tanri Alfarabi selaku ketua umum Lisuma Gunadarma dan Muhammad Agung Maulana selaku ketua pelaksana seminar tersebut.

Acara selanjutnya yaitu penyampai materi oleh Fariz Adlan selaku Founder of Rumah Berdaya. Rumah Berdaya itu sendiri berfokus sebagai wadah inkubasi bagi generasi muda baik itu lulusan Sarjana, SMA, maupun SMP yang mampu berkembang dan bersaing di dunia ekonomi kreatif, yang dimana kini perekononomian Indonesia sedang berkembang dari marketing konfensional meralih ke digital marketing yang tidak terlepas dari teknologi digital saat ini. Media sosial yang paling berpengaruh saat ini adalah YouTube, Facebook, dan Instagram maka dari itu banyak entrepreneur muda beralih memasarkan produknya di media sosial. Sarana dalam memasarkan produknya masing-masing juga sangat bersaing dan harus memiliki starategi dalam memperkenalkan produk tersebut, yaitu dengan memperhatikan ‘prime time’ atau waktu pengenalan produk yang tepat dan penargetan calon pembeli guna melihat peluang usaha.

Penyampaian materi yang terakhir disampaikan oleh Harjianto selaku Founder Kampung Teknologi Foundation. Peranan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah)  sangat berpengaruh dalam roda perekononomian di Indonesia dan berperan penting bagi kesejahteraan masyarakat. Kini jumlah UMKM di Indonesia terbilang cukup tinggi, karna tidak adanya persyaratan dari lembaga perekonomian untuk memulai usaha. Maraknya perekonomian kreatif semakin banyak para usahawan melakukan inovasi baru dalam kegiatan usahanya, yaitu dengan memanfaatkan teknologi digital yang saaat ini tidak terlepas dari kegiatan manusia sehari-harinya, dalam artian teknologi digital marketing berperan penting dalam kegiatan transaksi jual beli saat ini. Memulai digital marketing yaitu dengan memiliki Brand, listing di Google guna memudahkan calon pelanggan mengetahui produk yang dijual, tentukan target pemasaran, kampanye brand yang di produksi, dan pelayanan pelanggan.

Pemaparan materi dalam seminar tersebut merupakan pengenalan dari digital marketing, yang dimana mengajak generasi muda untuk melakukan kegiatan ekonomi kreatif, sebab dalam era saat ini bukan lagi bagaimana untuk memulai suatu usaha melainkan upaya apa yang akan dilakukan untuk maju dan bersaing dengan dunia yang lebih luas lagi. Kemudahan berteknologi sudah dirasakan saat ini, dan kesuksesan juga bisa dimulai saat ini. (FNP)