Wakil Ketua II Baznas Depok, Abdul Ghofar

DepokNews–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok  selama pandemi Covid-19 memfokuskan pada program Depok Peduli. Namun demikian, kali ini pihaknya kembali menggulirkan kelima program utama Baznas. 

Wakil Ketua II Baznas Depok, Abdul Ghofar mengatakan selama pandemik hampir sebagian dana dari baznas Kota Depok difokuskan dalam membanttu program sosial seperti bantua sembako dan bantuan lainnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Tapi karena ini istulahnya kembali recoveri jadi lima program seperti Depok Sehat, Depok Cerdas, Depok Bertakwa, Depok Peduli, dan Depok Sejahtera. Kelima program ini akan kita gulirkan kata Abdul Ghofar saat sharing seasion bersama media, di Kantor Baznas Depok, kemarin.

Dikatakannya, selama tiga bulan terakhir program Depok Peduli yang sebelumnya 10 persen berubah menjadi 40 persen. Alokasi sebesar Rp 1,5 miliar tersebut, didistribusikan untuk penyediaan sembako dan pangan bagi masyarakat terdampak.

“Program Depok Cerdas walau Covid-19 masih tetap.  Seperti santunan untuk siswa prasejahtera. Sementara Depok Sehat, rasionalisasi anggarannya untuk hal yang gawat darurat. Misalnya, bantuan untuk masyararakat prasejahtera yang dirawat di rumah sakit,” katanya.

Lebih lanjut, Abdul Ghofar mengajak, warga Depok khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berzakat melalui Baznas Kota Depok. Dirinya menilai besarnya potensi zakat di ASN sekitar satu miliar rupiah.

“Dana yang dihimpun dari masyarakat, kita maksimalkan dan digulirkan untuk kemanfaatan warga Depok juga,” pungkasnya.