Sekolah Master Dialiri Listrik Tenaga Surya dari Wika dan UI

Posted on 81 views

DepokNews–Wijaya Karya bekerjasama dengan Universitas Indonesia mengembangkan sistem kelistrikan arus searah dengan sumber energi matahari di Sekolah Master Kota Depok.

Dimana ujicoba listrik tenaga surya dilaksanakan pada Sabtu (4/11) yang diresmikan oleh General Manager WIKA Prakosa Hadi Takariyanto, Direktur Utama anak perusahaan WIKA Industri dan Energi Muryadi Yusuf, Direksi WIKA Industri dan Energi Andi Nugraha serta Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat UI Heri Hermansyah.

Turut hadir menyaksikan uji coba ini, Ketua ILUNI Gatrik Arief Budhy Handono, anggota DPR RI Ir Nuroji, Anggota DPRD Kota Depok Rezky M Noor.

Chairul Hudaya salah satu penggagas tenaga listrik tenaga surya di sekolah Master kepada wartawan mengatakan
peresmian DC House System di Sekolah Masjid Terminal Indonesia (SMI) ini sekaligus menjadikan SMI sebagai sekolah pertama di Indonesia yang menerapkan sistem kelistrikan arus  searah yang bersumberkan energi terbarukan (renewable enery).

Dia mengatakan kelebihan DC House System adalah dengan digunakannya sistem listrik arus searah (DC), hal tersebut membantu mengurangi beban listrik dibandingkan jika menggunakan arus listrik konvensional yang umum digunakan saat ini.

Selain itu dengan adanya panel surya, maka sumber energi listrik bisa dapat  dipenuhi sendiri sehingga tidak lagi bergantung pada jaringan listrik konvensional.

“Dengan kelebihan yang ditawarkan, WIKA melalui jajaran manajemen yang hadir berharap dengan dibangunnya DC House  System, SMI sebagai sekolah unggulan yang berkomitmen  mencerdaskan anak bangsa terutama dari kalangan masyarakat menengah ke bawah secara gratis dapat menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajarnya dengan biaya operasional yang ringan” katanya.