Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono. (Foto : Asyril/Diskominfo)

Sekda Minta Perangkat Daerah Susun Stategi Percepat Serapan Anggaran

Posted on 139 views

DepokNews —  Memasuki periode akhir tahun 2017, setiap Perangkat Daerah di Kota Depok terus berupaya merealisasikan penyerapan anggaran sesuai dengan yang telah ditargetkan sebelumnya. Bahkan, mereka diminta melakukan sejumlah strategi yang dapat mempercepat penyerapan anggaran di masing-masing instansinya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono mengatakan salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyerapan anggaran adalah dengan membangun sistem. Yang dimaksud adalah sistem manajemen yang baik terhadap seluruh proyek maupun program yang telah direncanakan.

Selain itu, lanjutnya, setiap Perangkat Daerah juga diimbau agar dapat mengatur jadwal setiap kegiatan sehingga bisa berjalan dengan baik.

“Strategi-strategi tersebut tentu diperlukan supaya capaian penyerapan anggaran sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Sehingga, penyerapan anggaran di setiap Perangkat Daerah dapat mencapai presentase yang tinggi,” kata Hardiono saat apel pagi, di Lapangan Balai Kota, Senin (27/11/2017), seperti dikutip depok.go.id

Dirinya menuturkan, hal tersebut juga harus diseimbangi dengan kehati-hatian setiap Perangkat Daerah dalam merealisasikan setiap penyerapan anggaran. Salah satu yang menjadi fokus perhatian adalah persoalan yang berkaitan dengan administrasi.

“Persoalan administrasi ini harus diperhatikan. Jangan sampai karena bekerja secara terburu-buru namun tidak didukung dengan sistem administrasi yang baik. Sehingga dapat menyebabkan preseden yang tidak baik pula bagi setiap Perangkat Daerah,” tuturnya.

Ia menambahkan, kedepannya agar seluruh data serapan anggaran di masing-masing Perangkat Daerah di Kota Depok dapat berbasis Android. Sehingga, dapat mempermudah dalam melakukan pemantauan terhadap perkembangan penyerapan anggaran tersebut setiap harinya.

“Untuk itu, kami juga mendorong kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok  agar dapat sesegera mungkin merealisasikan hal tersebut. Sehingga, perkembangan proses penyerapan anggaran dapat terlihat setiap waktu,” tutupnya.