Oleh: Aisyah Nurmalasari

Depoknews- Demo tolak Undang-undang (UU) Cipta Kerja masih terus berlanjut hingga hari ini, Selasa (13/10/2020). Aksi tersebut akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Untuk mengamankan hal tersebut, sejumlah aparat keamanan gabungan Kota Depok yang terdiri dari anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok dikerahkan untuk mengamankan arus massa menuju Jakarta yang melewati Jl. Raya Bogor, Kota Depok, Jawa Barat.

“Pengamanan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan fasilitas umum yang merugikan ekonomi negara,” ungkap Kapten Inf Suwarno, Komandan Rayon Militer (Danramil) 01/Pancoran Mas, kepada Depoknews, Selasa (13/10/2020).

Ia juga mengatakan bahwa massa demo bisa saja terdiri dari gabungan buruh, mahasiswa, serta pelajar. Massa juga berasal dari berbagai daerah di sekitar Kota Depok.

“Kira-kira massa demo akan bergerak dari sekitar jam 9 pagi hingga nanti sore, makanya kami melakukan persiapan dari sekarang,” pungkasnya.

Pantauan Depoknews, hingga saat ini, pukul 09.30 WIB, sejumlah aparat keamanan tersebut sudah melakukan persiapan di persimpangan jalan Ir. H. Juanda dan Jl. Raya Bogor. Namun, belum terlihat massa demo yang melewati jalan ini.