DepokNews- Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Depok, gelar apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), inisiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

HKB dilaksanakan serentak di sekretariat MPC, serta di 11 PAC dan 63 Ranting Pemuda Pancasila se-Kota Depok, 26 April 2021.

BNPB mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak.
Dengan adanya Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh setiap tanggal 26 April, BNPB berharap bisa membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna, meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Peringatan HKB tahun 2021 mengajak semua elemen masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam HKB kali ini yang mengusung tema “Latihan Membuat Kita Selamat Dari Bencana” dengan cara membunyikan tanda berupa kentongan, sirene, lonceng, klakson, dan sejenisnya secara serentak pada pukul 10:00 WIB waktu setempat.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila kota Depok, Nanang Kasnan Permana (NKP) Trisno, menjelaskan, pelaksanaan apel akan berpusat di sekretariat MPC Pemuda Pancasila kota Depok dan ditayangkan secara langsung (live streaming) melalui zoom meeting dan kanal Youtube.

Untuk pelaksanaan apel di tingkatan PAC dan Ranting sendiri, Nanang Kasnan Permana menyebut sesuai rencana akan digelar di kantor pemerintahan baik kecamatan dan kelurahan sesuai jenjang tingkatan.

“Jadi titik lokasinya untuk PAC di kantor kecamatan dan untuk Ranting di kantor kelurahan sesuai wilayahnya masing-masing. Serentak sudah dilakukan kemarin, Senin (26/4),” kata Trisno, sapaan akrabnya, Selasa (27/4).

Trisno menambahkan, apel HKB ini tidak akan mengerahkan massa baik kader maupun anggota Pemuda Pancasila sekota Depok. Namun diminta tiap pengurus MPC, PAC maupun Ranting menugaskan maksimal 5 orang pengurus saja.

“Jadi masing-masing cukup 5 orang pengurus saja, ditambah aparatur pemerintahan setempat dan tokoh masyarakat, paling banyak 10 orang peserta apel, dengan tetap memakai masker,
menjaga jarak dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” sebutnya.

Terpisah, Sekretaris MPC Pemuda Pancasila kota Depok, Vikri Oktavian menjabarkan telah mengarahkan kepada seluruh pengurus PAC dan Ranting Pemuda Pancasila sekota Depok untuk membuat video khusus baik saat persiapan maupun pada hari H pelaksanaan apel digelar, Senin (26/4).

Untuk teknis pembuatan video sendiri, Vikri menyebut sudah menyampaikannya kepada masing-masing pengurus di semua tingkatan di 11 PAC dan 63 Ranting Pemuda Pancasila sekota Depok.

“Selanjutnya mereka diminta berkreasi sebaik mungkin karena akan dilakukan penilaian terhadap video yang dibuat, jadi di lombakan dan akan ada hadiahnya nanti untuk PAC dan Ranting,” tandasnya.(Mia)