Penyemprotan disinfektan warga Cluster Khalifah (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Warga Cluster Khalifah, Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong, secara swadaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Hal ini guna mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, yang menjadi pandemik global dan penyebarannya demikian cepat baik Indonesia, Jabodetabek dan termasuk di Kota Depok.

Ketua Lingkungan Cluster Khalifah Ade Hukmawan mengatakan penyemprotan cairan disinfektan dilakukan secara swadaya, menggunakan kas RT. Dengan membeli bahan-bahan di perlengkapan kesehatan, lalu membuat sendiri.

“Penyemprotan dilakukan sendiri pula oleh warga. Diutamakan pada bagian yang biasa disentuh oleh orang-orang, seperti gagang pintu, dan pegangan tangga,” jelasnya, Senin (23/3/2020).

Sementara itu Anggota DPRD Kota Depok, yang juga warga Cluster Khalifah Yuni Indriany menambahkan, bahan yang digunakan cukup mudah yakni satu liter pemutih pakaian atau byclin, sembilan 1 liter air galon, tidak boleh air keran karena mengandung kuman.

“Selesai penyemprotan disinfektan, warga juga melakukan gotong royong dengan masing-masing kerja bakti membersihkan rumahnya,” ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, social distancing juga dilakukan oleh Anggota Dewan DPRD Depok, tapi tetap bergerak dalam lingkungan wilayah rumah.

“Saat ini social distancing sangat diperlukan. Maka warga Depok harus membantu pemerintah, dengan menerapkan perilaku tersebut, juga hidup sehat untuk diri sendiri, dan lingkungan,” tutup Yuni.(mia)