Depoknews- Seluruh pelajar di Kota Depok baik di jenjang SD, SMP mau pun SMA hari ini serentak mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2018 . Ujian yang dilaksanakan secara manual sejak hari ini, akan selesai pada 26 Mei mendatang.

“Kegiatan itu bertujuan untuk mengukur keberhasilan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang disampaikan para guru. Sekaligus, menilai kompetensi siswa selama masa pendidikan di sekolah tersebut,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Pendas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mulyadi di ruang kerjanya, Senin (21/05/2018).

Dirinya menambahkan, mengenai mata pelajaran yang diujikan dalam PAT ini terbagi menjadi dua sesuai dengan kurikulum yang digunakan sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan, tidak semua sekolah menggunakan kurikulum 2013 (Kurtilas), masih ada beberapa sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.

“Namun perbedaannya tidak terlalu jauh, hanya ada di beberapa hari saja. Misalnya di tingkat SMP, pada hari Selasa, sekolah yang masih KTSP 2006 yang diujikan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Sementara yang Kurtilas, tentang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK),” katanya.

Mulyadi juga mengatakan, dalam pembuatan soal di tingkat SMP disiapkan oleh tim Musyawaran Guru Mata Pelajaran (MGMP). Sementara di tingkat SD, oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) yang berasal dari masing-masing gugus sekolah.

“Semoga pelaksanaan PAT berjalan lancar dan kondusif,” harapnya.

sumber : depok.go.id