Kepala UPT Limo Rusli Iskak (kiri) bersama kepala sekolah dan guru SDN Grogol 03 (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

SDN Grogol 03 Siap Dinilai Kinerja Kepala Sekolah

Posted on 188 views
DepokNews- SDN Grogol 03 lakukan persiapan untuk Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (KPPS), oleh pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Depok pada tanggal 23 November nanti. Sekolah yang memiliki 455 siswa dengan 12 rombel ini, siap dilakukan penilaian untuk kemajuan sekolah.
Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Limo, Rusli Iskak mengatakan ada empat sekolah yang akan dinilai yakni SDN Grogol 03, Limo 01, Krukut 01 dan Meruyung. Penilaian dalam rangka mengevaluasi kinerja kepsek dalam satu tahun melaksanakan tugas.
Penilaian sendiri ada beberapa komponen terdiri dari 40 indikator, yang harus dilaksanakan kepsek tiap tahun. Indikatornya antara lain profesionalitas, kepribadian, hubungan dengan komite sekolah juga masyarakat sekitar, pengembangan sekolah serta hubungan internal antara kepsek dengan guru.
“Penilaian lebih ke kinerja kepsek selama setahun terakhir dan hubungan dengan sekitar,” jelas Rusli saat mengunjungi SDN Grogol 03 di Jalan Rawakalong RT03 RW04, Kelurahan Grogol Kecamatan Limo, Senin (20/11).
Rusli melanjutkan, tim penilai tergabung dalam pengawas SD se-Depok dibagi dua tim yang terdiri dari enam orang.
“Masing-masing komponen satu penilai,” ujarnya.
Dalam prosesnya tim penilai akan mewawancarai komite, operator sekolah, satu guru dan perwakilan dari siswa.

“Tinggal bagaimana hubungan kepala sekolah dengan mereka saja, pernyataan itu yang akan dinilai,” terangnya.

Dari UPT Pendidikan Kecamatan Limo sendiri, lanjut Rusli, selalu melakukan pembinaan. Ketika Ujian Tengah Semester (UTS), pihaknya memantau persiapan sekolah. Juga mengadakan rapat dengan guru-guru dan kepala sekolah untuk melihat pengembangan disekolah seperti fisik dan pendidikan bagi siswa.
Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Grogol 03, Kosim menambahkan persiapan di sekolah sudah dilakukan. Persiapan administrasi pun sudah rampung. Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan komite sekolah perihal PKKS, diharapkan semua pihak bisa bekerjasama dengan baik.
“Semoga dalam penilaian nanti tidak ada kendala dan berjalan lancar,” tutupnya.(mia)