Oleh: Handayani, S.Pd ( Kepala SDIT Mutiara Islam Depok)

Pandemi covid 19 sudah menguasai Indonesia selama kurun waktu hampir dua tahun ,banyak yang tedampak akibat covid 19, sejak munculnya wabah virus corona, timbul berbagai masalah, karena virus tersebut tidak hanya menyerang manusia, tetapi juga memberikan dampak terhadap perekonomian dunia, serta mempengaruhi kehidupan sosial di berbagai negara.

Salah satunya yaitu dalam dunia pendidikan di Indonesia, yang sebelumnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka (luring), tetapi pada masa Pandemi ini sistem pembelajaran tersebut tidak lagi berlaku, guna mengurangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Pada awalnya pemerintah menerapkan Kebijakan berupa Social Distancing kemudian Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan harapan dapat mengurangi dapat mengurangi penyebaran Virus Covid-19.

Namun, ternyata kebijakan tersebut tidak dapat mengurangi penyebaran Covid–19. Pemerintah melakukan berbagai cara agar Pendidikan bisa terus berjalan di era Pandemi ini, karena pendidikan merupakan aset yang sangat penting bagi sebuah bangsa demi kemajuan suatu negara.
Pendidikan bagi siswa sekolah dasar sangatlah penting karena pada tahap ini masih harus melewati beberapa tahap perkembangan, hampir dua tahun belajar secara daring melalui aplikasi Zoom, WA, GCR, E– learning, apapaun media internet dan tekhnologi mutakhir yang digunakan tetapsaja tidak dapat menggantikan fungsi guru. Hal ini terlihat pada menurunnya kualitas peserta didik “low academic”, kondisi emosional para orang tua terutama ibu jadi lebih mudah marah karena keterbatasan pengetahuan dalam mengajarkan materi yang dihadapai peserta didik. Berdasarkan beberapa pertimbangan tersebut serta menurunya kasus civid 19 di Indonesia khususnya di Depok, maka pemerintah mulai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Sejak menerima SK walikota Depok tentang kebijakan PTMT, SDIT Mutiara Islam terus berbenah melakukan percepatan proses renovasi gedung karena sejak bulan April sekolah kami sedang melakukan renovasi gedung tahap 1, dan kami pun melakukan perapihan kelas serta melengkapi semua syarat administrasi termasuk semua perlengkapan protokol kesehatan. Hal ini sangat penting dilakukan guna mencegah cluster baru saat PTMT nantinya, walau pembelajaran hanya berjalan selama dua jam tanpa jeda istirahat hal ini cukup memberikan secercah senyuman diwajah para peserta didik kami dan para orang tua. Prosedur utama yang kami lakukan setelah proses persiapan sarana prasarana, adalah meminta orang tua mengisi surat pernyataan kesediaan meyertakan putra-putrinya dalam kegiatan PTMT, mengisi berbagai formulir administarsi terkait covid – 19. Melalui arahan dari pengawas binaan SDIT Mutiara Islam yaitu Ibu Dyah Savitri, S.Pd, M.Pd. serta Direktur SIT Mutiara Islam Bapak Herdin Nurdin, M.Pd, M.M. kami melengkapi semua sarpras dan dokumen yang dibutuhkan.
Pada tanggal 09 September 2021 telah dilakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) PTMT Dan AKM oleh Dinas Pendidikan Kota Depok untuk SDIT Mutiara Islam yang di Monitoring oleh Pengawas silang dari Pancoran Mas yaitu Ibu Beti Wiharti, S.Pd, M.Pd. Ibu Beti Memberikan arahan kepada Kepala SDIT Mutiara Islam selama proses pemerikasaan berkas PTMT. Alhamdulilah dari hasil pemerikasaan berkas administrasi dan pemeriksaan kelengkapan sarana dan prasarana serta alat protokol kesehatan pendukung kegiatan PTMT semua terpenuhi dan dari hasil monev tersebut dinyatakan SDIT Mutiara Islam layak serta diizinkan untuk melakukan PTMT. Berdasarkan kebijakan Pemerintah Dinas Pendidikan Kota Depok bahwa PTMT diberlakukan setelah kegiatan mid semester ganjil yaitu bulan Oktober 2021 dengan ketentuan 50% dari jumlah siswa keseluruhan, namun sekolah diperbolehkan oleh pengawas untuk melakukan uji coba PTMT bagi sekolah kami. Maka kami memutuskan mengadakan klinik bagi peserta didik yang kesulitan selama BDR untuk datang kesekolah dua pekan terakhir dibulan September ini dengan jumlah siswa 3-5 anak perkelas untuk selanjutnya dievaluasi sebelum pelaksanaan PTMT yang sesunguhnya, InsyaAllah PTMT di SDIT Mutiara Islam akan dilaksanakan mulai tangal 04 Oktober 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga dengan PTMT ini dapat memberikan secercah senyum pada peserta didik dan orang tua yang merasa jenuh dengan keadaan pembelajaran jarak jauh, yang telah berjalan selama hampir dua tahun ini. Semoga Pandemi covid-19 bisa berangsur pergi dan kembali ke Ars-nya Allah semoga kita senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT, Allah berfirman dalam Qur’an Surat At-Taghabun Ayat 11-13

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
Selamat datang kembali kesekolah para Saleh Salehah SDIT Mutiara Islam dan seluruh peserta didik di Kota Depok, semoga PTMT dapat berjalan dengan baik, aman dan nyaman. Jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan dan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas).