Lingkungan SD Pondokcina 2

DepokNews–SD Pondokcina 2 yang berlokasi di Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji melirik penghargaan lingkungan berbasis lingkungan atau adiwiyata.

Kepala SD Pondokcina 2 Sumarna kepada wartawan pada Rabu (15/1) mengatakanbahwa budaya cinta dan peduli terhadap lingkungan itu sangat penting, i

“Itulah tulah sebabnya sejak memimpin di SD Pondokcina 2, perilaku mencintai lingkungan terhadap para siswa dan warga sekolah terus diakukan dan ditumbuhkan sehingga tanpa adanya program adiwiyata pun sekolahnya sudah berbudaya lingkungan”katanya.

Dia mengatakan dalam upaya menuju sekolah berbasis lingkungan hidup 
sudah pasti berbagai persiapan akan dilakukan, persiapan yang dilakukan akan berfokus kepada pembenahan lingkungan agar lebih hijau.

“Persiapan pertama adalah administrasi yang dulu diperbaharui oleh kami”katanya.

Selain itu aksi kebersihan lingkungan akan semakin ditingkatkan, salah satu aksi Jumat Bersih dengan melibatkan guru dan siswa.

“Yang tak kalah penting kami sudah melakukan penghijauan dengan menanam sejumlah pohon, serta ada pembangunan gazebo plus buku bacaannya,”katanya.

Dengan demikian diharapkan nanti lingkungan di SD Pondokcina 3 hijau dan asri, sehingga dimanapun siswa duduk akan merasakan kesejukan dan kenyamanan.

Dia mengatakan apa yang menjadi item penilaian adiwiyata yakni tingkat provinsi akan disiapkan dengan baik.

“Selain itu kegiatan yang berhubungan dan mendukung langsung ke program adiwiyata juga akan semakin digencarkan.

Yang tak kalah pentingnya adalah meningkatkan publikasi kegiatan, dan mensinergikan program lingkungan dalam pembelajaran.

Diantara berkas administrasi tersebut salah satunya adalah sekolah harus melampirkan perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, KKM, dan penilaian hasil kegiatan pembelajaran.

Menurutnya, yang kesemuannya itu harus saling ada keterkaitan satu sama lain dengan visi, misi sekolah yang berbasis lingkungan beserta lampiran dokumentasinya dalam dua tahun terakhir.

Tujuan dari program Adiwiyata ialah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah, untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah.

“Terpenting adalah sekolah memiliki tanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup,”katanya.



Area lampiran