SD Pondok Cina 2 Kembamgkan Ekstrakurikuler Marching Band

DepokNews–Dalam rangka mendidik siswa-siswa Sekolah Dasar Negeri Pondokcina 2  Kecamatan Beji tidak hanya mendidik mata pelajaran umum saja, siswa juga di beri Ektrakulikuler diantara Ekstrakulikuler  Marching band.

Kepala SD Pondokcina 2 Sumarna kepada wartawan mengatakan sekolahnya mendapatkan bantuan alat musik Marching Band dari Dinas Pendidikan Kota Depok.

“Sebelumnya sekolah kami mendapatkan bantuan alat musik Marchingband dan alat tersebut sudah kita gunakan untuk kegiatan siswa dengan ekskul Marchingband”katanya.

Sumarna mengatakan saat ini alat tersebut diperkenalkan kepada para siswa dan menjaring siswa yang ingin mengikuti kegiatan eksksul Marchingband di lingkungan sekolah.

Kegiatan ekstrakulikulikuler marching band bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan semangat patriotisme bagi peserta didik, tak kalah pentingnya dengan ektrakulikuler ini siswa jadi tambah pengetahuannnya untuk mata pelajaran kesenian yaitu seni musik dan seni tari marching band di SD Pondokcina 2.

Terciptanya kreatifitas para siswa dalam mengembangkan minat dan bakatnyaTerciptanya mentalitas timnya yang disiplin, taat dan patuh pada peraturan yang ada.

Terwujudnya tim drumband yang solid unggul dan memperoleh prestasi yang gemilang.

Dia mengatakan aktif di kegiatan marching band membuatnya terus menggali bakat dan minatnya terhadap seni baris berbaris, musik dan hal yang tidak kalah penting membuat menjadi seseorang yang lebih disiplin dan menggali bakat dan minatnya terhadap seni, dan budaya Indonesia.

Karakteristik unik dari setiap daerah ini, termasuk didalamnya kebudayaan dan kesenian tradisional, dapat menjadi tema musical yang menarik untuk dipadukan ke dalam musik dalam marching band. Baik musik, gerak tari dan budaya Indonesia dapat menjadi sumber inspirasi.

“Aktif di ekstrakurikuler ini tentunya juga menambah nasionalisme. Dan prestasi dari hasil kerja keras yang cukup menyita waktu dan fisik menjadi bekal untuk mencapai hal positif lainnya di masa depan,” katanya.

Kegiatan marching band ini juga berfungsi sebagai penyaluran agretivitas dan emosi remaja secara positif.

Fungsi Kesenian yakni menjembatani kekurangan pendidikan musik pada pendidikan formal di sekolah, Marching Band juga berkaitan erat dengan seni tari kontemporer dan tradisional.

Fungsi Sosial, kontribusi lain adalah bahwa Mmarching band dapat meningkatkan kemampuan sosial dan individual seseorang.

“Kami harap ekstrakurikuler Marchingband yang saat ini sudah terbentuk terus berlatih dan siap mengikuti kompetisi serta meraih juara yang terbaik”katanya.