Suasana kelas SD Khalifah Krukut (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

SD Khalifah Membangun Generasi Muslim yang Unggul di Tauhid dan Dunia Usaha

Posted on 45 views
DepokNews- SD Khalifah yang berlokasi di Jalam Raya Krukut, Kecamatan Limo memiliki keunggulan Tauhid dan Entrepreunership. Mengutamakan untuk menciptakan generasi di Tauhid dan seimbang di dunia usaha.
Humas SD Khalifah, Boni Desiyanti menjelaskan pembelajaran di sekolah berdasarkan tema. Misalkan perkenalan diri atau anggota tubuh dan semua itu akan disambungkan dengan dunia usaha
“Contohnya belajar anggota tubuh manusia, apa saja kebutuhannya. Misalkan badan butuh pakaian, makanan. Bagaimana mendapatkannya, dengan cara membeli dan siswa juga dapat berdagang kebutuhan manusia,” jelas Yanti sapaan akrabnya.
Pembelajaran tersebut juga dapat membuka mindset siswa bahwa setiap masalah pasti ada solusi. Butuh sesuatu orang pasti membeli, dengan membeli butuh uang. Bagaimana mendapatkan uang, dengan cara bekerja. Berdagang pun termasuk bekerja karena menghasilkan uang.
SD Khalifah juga memiliki beberapa program kegiatan seperti market day satu semester sekali. Siswa membuat sesuatu yang dapat dijual dan dipasarkan ke orangtua. Ada juga modern market, jadi siswa diberi uang oleh sekolah Rp20 ribu lalu belanja di swalayan sesuai jumlah yang diberikan.
“Siswa juga diberitahu produk yang berlabel halal, pilih sendiri lalu bayar sendiri. Disini siswa belajar menggunakan uang sesuai kebutuhannya,” terangnya.
Kemudian, sambung Yanti, ada kegiatan outing atau kunjungan ke pengusahan sukses yang ada di Depok. Siswa akan belajar proses si pengusaha mulai dari promo hingga pemasarannya. Outing dilakukan satu semester bisa lima kali kunjungan.
“Sedari dini dikenalkan dunia usaha melalui tema pembelajaran di sekolah. Di implementasikan ke dagang lalu hasilnya dimasukan ke kotak sodakoh, yang kemudian diamalkan. Karen kami ingin membangun generasi muslim yang unggul,” tutupnya.(mia)