Kegiatan SD Islam Ghama Junior (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

SD Islam Ghama Junior Semarakkan 1 Muharram Dengan Kegiatan Islami

Posted on 90 views
DepokNews- SD Islam Ghama Junior yang berlokasi di Jalan Cemara, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, mengadakan spesial day, guna merayakan Tahun Baru Islam 1 Muhamrram 1439 H. Kegiatan diawali dengan karnaval di sekitar sekolah, drama yang dimuūainkan oleh para guru bertemakan Hijriah.
Kepala SD Islam Ghama Junior, Arum Nur Asianti mengatakan, kegiatan 1 Muharram ditutup dengan tukar kado. Siswa membeli kado dengan budget Rp20 ribu, lalu bertukar dengan siswa lain.
“Karena ada hadistnya jika memberi hadiah maka akan saling menyayangi,” ujarnya, Jumat (22/9).
Arum melanjutkan, setiap momen hari besar khususnya keagamaan selalu dirayakan. Seperti 1 Muharram, agar siswa tahu bahwa ada Tahun Baru Islam, tidak sekedar tahun baru Nasional. Tahun lalu 1 Muharram diadakan dengan cara mendongeng.
“Siswa juga diajarkan apa itu Muharram, Hijriah agar lebih mengerti tidak sekedsr merayakan saja,” jelasnya.
SD Islam Ghama Junior dalam memberikan pendidikan ke siswa mengedepankan jiwa leadership atau kepemimpinan. Dalam tiap pelajaran selalu diselipkan dengan jiwa kepemimpinan, misalkan tiap kelas pemimpinnya atau ketua kelas selalu berganti. Ketua kelas ini nantinya yang akan memimpin kelas dan membantu guru.
“Begitu juga dengan imam di sekolah akan bergantian, siapa yang imam pada Salat Dhuhda dan Dzuhur,” tuturnya.
Sekolah yang baru sampai kelas 4 dengan jumlah 134 siswa ini, mempunyai kurikulum sekolah sendiri selain Kurtilas, yakni Entertainment, Enterpreunership, Conseptual dan Spritual (EECS). Agar siswa tidak bosan belajar di dalam kelas, guru akan membawa siswa ke lapangan atau mushola.
Untuk program lainnya sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan GDS ini ada program outing class atau field trip. Tahun ini akan berkunjung ke miseum yang ada di taman mini. Kemudian akan ada kegiatan outbond didaerah Bogor.
“Edukasi ke siswa tentang museum lalu kegiatan bernuansa alam,” kata Arum.
Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah untuk kelas I adalah bermainan permainan dalam Bahasa Inggris, angklung dan menggambar. Sedangkan Kelas II sampai IV ada arabic dan english club, science club dan pianika.(mia)