Science Fair :Selebrasi Pembelajaran Ala Sekolah Alam Indonesia Meruyung

Posted on

DepokNews — Sekolah Alam Indonesia cabang Meruyung (SAI Meruyung), Depok adalah salah satu sekolah yang menerapkan Project Based Learning (PjBL) dalam kurikulum pembelajarannya. Selama satu tahun pelajaran terdapat enam tema pembelajaran berbeda untuk masing-masing kelas yang dijadikan proyek dalam kegiatan belajar mengajar. Lalu setiap tema pembelajaran ditutup dengan selebrasi berbentuk pameran proyek hasil belajar siswa bersama fasilitatornya (guru, red). Tujuannya adalah untuk meng-assess komponen-komponen nilai Sekolah Alam Indonesia, yakni akhlak, leadership, dan logika berpikir.

Dalam perjalanan beberapa selebrasi tema PjBL, Science Fair terbilang yang menarik. Pasalnya Science Fair mengumpulkan beberapa tema pembelajaran tiap kelas yang kemudian disatukan dalam bentuk event terbuka. Pertama kalinya digelar pada tahun 2016, Science Fair menampilkan 8 wahana unik hasil pembelajaran yang dibuat selama sartu tema pembelajaran oleh masing-masing kelas, mulai dari TK A sampai kelas SD 6.

Kegiatan Science Fair tentu bukan pameran wahana yang jadi begitu saja. Sebelumnya, di awal pembelajaran fasilitator mengajak anak-anak berdiskusi untuk menentukan proyek yang akan dibuat dalam lingkup tema yang telah ditentukan. Kemudian anak-anak  dibagi menjadi kelompok kecil sesuai bagiannya. Selama proses pengerjaan anak-anak didampingi oleh fasilitator mencari informasi lewat buku, internet, wawancara, sampai outing ke lokasi landmark yang akan dibuat. Tak hanya itu, materi pelajaran umum seperti religi, matematika, bahasa, Sosial, tetap menjadi yang utama dalam proses pembelajaran.

Tahun ini Science Fair insyaallah akan digelar kembali untuk umum pada tanggal 30 September 2017 dari pagi sampai siang di Sekolah Alam Indonesia Meruyung dengan mengusung tema “Get Fun, Get Experience”. Diharapkan Science Fair dapat menjadi alternatif tempat untuk rekreasi sambil belajar bersama keluarga besar SAI Meruyung maupun masyarakat pada umumnya. Tak lupa sekolah di sekitar kami diundang untuk hadir juga

* Oleh : Ego Praniki S (Fasilitator SAI Meruyung)