Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono

Oleh : Hardiono

Pancasila terlahir pada satu Juni tahun 1945 zaman almarhum Presiden Soekarno deklarator negri tercinta Indonesia.

Waktu berlalu zaman berganti begitulah masa, tiba tiba berlalu begitu cepat. Saat ini kita dipaksa atau terpaksa mau tidak mau harus work from home akibat peristiwa adanya pandemi covid19. Kesabaran kita di uji oleh Allah SWT terhadap musibah penyakit mendunia tersebut.

Demikian pula Falsafah dasar negara Pancasila yang tercantum dalam mukadimah UU 1945 dan disahkan pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 juga sedang di uji pada saat Pandemi saat ini, yaitu sifat yang tertera di dalam sila sila yang ada.

Ini dimulai dengan Ketuhanan YME artinya sesuai keyakinan yang majemuk agar pemeluknya tetap sabar dan tidak panik menghadapi musibah ini. Ambil hikmahnya agar semua manusia lebih dekat dengan Sang Pencipta mulai dari orang tua, dewasa, anak anak tanpa kecuali senantiasa bekerja dari rumah dan lebih akrab sehingga keluarga yang sering keluar rumah dapat berkumpul sehingga rasa persaudaraan lebih kuat.

Disisi lain ada dampak sosial yaitu dengan berkurangnya pendapatan, maka terdapat dampak sosial. Lagi lagi kita diuji agar lebih peduli terurama pemerintah sudah hadir sekuat tenaga ditengah tengah masyarakatnya.

Disini implementasi rasa prikemanusian, persatuan serta bermusyawarah dalam setiap mengambil kebijakan sehingga Allah SWT akan memberikan keberkahan. Juga kepedulian antar sesama dan memikul beban ini tidak sendirian akan tetapi secara bergotong royong.

Harapannya juga pemerintah agar lebih merata untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dalam memberikan bantuan sosial serta tepat sasaran.

Bertepatan tanggal Satu Juni lahirnya Pancasila, semoga dapat diterapkan oleh bangsa negara serta seluruh rakyat Indonesia, sehingga Pancasila semakin kokoh ditengah tengah kehidupan kita.