Satgas SDA Siap Amankan Banjir dan Longsor di Depok

DepokNews- Sebanyak 130 Satuan Tugas (Satgas) DPUPR disiagakan, untuk merespons laporan longsor, banjir, maupun genangan di Kota Depok.
Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, tingginya intensitas hujan yang diperkirakan akan berlangsung hingga Februari mendatang. Karena itu pihaknya mulai meningkatkan kewaspadaan

“Kita sifatnya kondisional saja, namun tetap waspada. Ada 130 Satgas yang siap menangani laporan longsor, banjir maupun genangan,” kata Citra.
Nantinya Satgas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) terdekat yang akan dikirim, jika ada laporan banjir atau longsor.Menurut data yang dihimpun DPUPR Kota Depok, sejak dua hari terakhir, terdapat beberapa laporan di antaranya titik banjir di Perumahan Bukit Cengkeh, Jalan Raya Taman Duta di Kecamatan Cimanggis, Jalan Ridwan Rais, Kecamatan Beji, dan meluapnya Kali Pesanggrahan, Kecamatan Sawangan. Untuk longsor terjadi di tebing saluran Cabang Barat, Kelurahan Krukut.

“Semua laporan sudah kita tangani. Untuk penanganan longsor, baru dipasang rambu, agar pengguna jalan lebih waspada. Penanganan lebih lanjut, sedang diupayakan,” jelas Citra.
Citra pun meminta kepada masyarakat Kota Depok, untuk terus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena sampah bisa menghambat saluran air, karena daya tampungnya menjadi menyempit.

“Sebaiknya masyarakat juga bisa ikut menjaga kebersihan. Agar meminimalisir adanya sumbatan akibat sampah,” tutup Citra.(mia)