DepokNews–DPD PKS Depok memiliki Komunitas Petani Depok Sejahtera ( KOMPOS ) yang masih terbilang baru atas inisiasi dari Webinar pertanianyang dilakukan oleh Bidang Tani dan Nelayan (BTN) DPD PKS Kota Depok

Program yang di inisiasi dr hasil webinar pertanian BTN PKS DPD Depok tersebut, membentuk KOMPOS (Komunitas Petani Depok Sejahtera)

Ketua Poktan Barokah Jatimulya Taufik Ibrahim menyampaikan, bahwa ia sangat ingin membangun semangat warga dalam bertani.

“Kata orang bertani itu susah dan akhirnya banyak yang meninggalkan kegiatan bertani ini, maka Poktan Barokah Jatimulya hadir untuk masyarakat, agar masyarakat bisa melakukan kegiatan bertani lagi dengan mudah dan menyenangkan,” kata Taufik Ibrahim, Jumat (29/5/2021).

Dalam Hal ini KOMPOS bekerjasama dengan warga membentuk Poktan-poktan yang diantaranya yang sudah terbentuk adalah POKTAN BAROKAH JATIMULYA yang berlokasi di Kp. Sawah Jatimulya-Cilodong yang anggotanya aalah masyarakat sekitar yang bertempat tinggal di kelurahan Jatimulya.

Acara yang dilaksanakan pada Hari Rabu, 26 Mei 2021 di Jalan Cepit Raya No. 63 Keluarah Jatimulya Kecamatan Cilodong ini di hadiri oleh Ketua Departemen Tani BTN DPD PKS Widiarto dan sekretarisnya, salah satu anggota Dewan dr Fraksi PKS yaitu Ustadz Qurtifa Wijaya, Ketua LPM Kel. Jatimulya Bp. Sabenih Azhar, Ketua Rt 04 Bapak Mashuri, Ketua Rw 01 Bapak Nawin dan anggota Poktan itu sendiri.

Program ini sangat di support oleh warga dan aparat desa.

Dalam hal ini Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPD PKS Depok Dede Sahlan yngg diwakili oleh Widiarto (Ketua Dept. Tani) menyampaikan bahwa dengan terbentuknya Poktan Barokah Jatimulya, maka PBJ ini akan dijadikan sebagai pilot project untuk Poktan-poktan yang lain nya di lingkup Kota Depok.

“Masih banyak lahan tidur yang belum termanfaatkan secara maksimal di wilayah Depok, khususnya Kelurahan Jatimulya maka dengan Poktan ini kita coba memanfaatkan lahan tidur tersebut,” kata Widiarto

Selain KOMPOS, di Bidang Tani dan nelayan juga ada Poktan-Poktan yang meliputi Kelompok Petani Ikan Hias, Kelompok Petani Kebun (pupuk dan lain lain) dan Kelompok Petani Peternakan.

Acara tersebut juga dihadiri anggota DPRD Depok dari Fraksi PKS Qurtifa Wijaya. Dalam kesempatan tersebut Quurtifa Wijaya memberikan motivasi agar anggota Poktan terus melakukan kegiatan yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

“Lakukan lah amal yang dilakukan sekali tetapi berdampak pahala selamanya” kata Qurtifa Wijaya.

Secara lebih rinci Qurtrifa Wijaya memberikan arahan agar Poktan bisa lebih maksimal dalam berkiprah dengan cara memanfatkan lahan tidur dan memperdayakan SDM masyarakat sekitar agar teredukasi dengan pertanian

“Adakan perkumpulanpeerkumulan pertanian atau yang lainnya yang berlegalitas hukum agar bisa mendapatkan kesempatan jika ada subsidi atau bantuan dari CSR dan pemerintah. Berkolaborasi dengan aparatur masyarakat dan warga agar terciptanya komunikasi yang baik,” pungkas Qurtifa Wijaya.