Kepala Diskominfo Kota Depok (kemeja putih) foto bersama dengan panitia UKW usai menggelar audiensi

Sarana Tingkatkan  Kualitas Pemberitaan, Pemkot Depok Dukung Penuh UKW

Posted on 896 views

DepokNews — Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mendukung penuh rencana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Wilayah Kota Depok, untuk melaksanakan Uji Kopetensi Wartawan (UKW) yang akan bekerjasama dengan Dewan Pers.

“Pada prinsipnya Pemerintah Kota Depok dan Diskominfo mendukung penuh pelaksanaan UKW ini. Karena memang UKW ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pemberitaan insan pers terlebih yang bertugas di wilayah Depok,” ujar Sidik Mulyono, Kepala Diskominfo Kota Depok, Senin (19/3), seperti dikutip jurnal depok.

Ia menambahkan, dengan adanya UKW dirinya yakin kualitas penyajian berita oleh insan pers ke depannya akan semakin baik dan diterima oleh masyarakat.

“UKW ini memang sangat dibutuhkan oleh para wartawan, sehingga ke depannya bisa semakin kondusif,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Depok percaya dengan Dewan Pers terlebih terkait kopetensi.

“Itu jelas bidangnya Dewan Pers, kami tidak akan ragu terkait kopetensi wartawan. Kami juga tidak akan ikut campur terkait dengan evaluasi maupun penilaian dari kegiatan UKW,” terangnya.

Ketua Pelaksana UKW PWI Wilayah Depok, Firtra Ratory mengatakan bahwa kegiatan UKW akan dilaksanakan pada 11-12 April 2018.

“Kami menargetkan wartawan yang bertugas di wilayah Depok baik itu junior maupun senior dapat ikut serta. Kami tidak membatasi, semua bisa ikut serta sesuai jenjang yang mereka inginkan baik itu muda, madya maupun utama,” terangnya.

Pihaknya menargetkan ada sekitar 30 wartawan Depok yang ikut serta dan sisanya merupakan wartawan dari daerah lain.

Dikatakannya, bahwa pelaksanaan UKW yang rencananya digelar di Balaikota Depok terbuka untuk umum.

“Depok baru pertama kali menyelenggarakan ini. Kami juga terus melakukan koordinasi dengan PWI Jabar dikarenakan PWI Jabar juga berkoordinasi dengan PWI Pusat. Ini menjadi program nasional, kami juga mengikuti standar nasional,” ungkapnya.

Dari itu, ia berharap kepada teman-teman wartawan di Depok dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

“UKW ini untuk menguji sejauh mana kopetensi wartawan dibidang jurnalistik, selain itu untuk mendapatkan pengakuan pula dari pemerintah,” pungkasnya