DepokNews–Jurnalis perlu memegang prinsip kerja yang jelas/profesional. Menurut Bill Kovach, ada beberapa elemen/prinsip dasar jurnalistik. Yang pertama: berpihak kepada kebenaran (truth), sehingga hoax perlu dihindari karena menyimpang dari kebenaran, dikurangi atau ditambahi informasi yang sebenarnya.

Hal tersebut disampaikan Sapto Waluyo sebagai Keynote Speech pada acara Diskusi Publik dengan tema “Peran Jurnalis Dalam Menangkal Berita Hoax dan Memberikan Pemberitaan yang Objektif di Pilkada Depok” di JPW Caffee Grand Depok City, Rabu (5/1/2020)

“Sekarang berkembang yang namanya post-truth, kebohongan (fake news) yang dipropagandakan berulang-ulang agar terkesan “benar” (fakta) padahal bukan,” jelas Sapto Waluyo yang pernah aktif sebagai wartawan di media nasional.

Menurut Sapto Waluyo, selain itu, jurnalis harus berpihak kepada “publik” karena media massa adalah ruang publik yang bebas untuk mengutarakan pendapat. Media bukan “humas penguasa atau pemodal” yang bisa mendikte opini publik. Semua pihak diberi kesempatan bersuara, biar publik yang tentukan sikap.

“Saat ini juga berkembang mazhab citizen journalism (jurnalisme warga). Semua warga menjadi subyek, bukan sekadar obyek pemberitaan. Uuntuk itu, warga perlu ditingkatkan literasi dalam berbagai hal, termasuk tentang pilkada. Dengan literasi yang baik, warga akan meningkatkan kesadarannya & partisipasi politiknya.