DepokNews – Genpro Chapter Depok bersama Badan Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi (BPJE) mengadakan sharing session melalui zoom meeting dengan tema “Bangkit Menjadi Pengusaha Sukses Hadapi Pandemi Covid-19”.Dalam kegiatan tersebut Genpro Depok mendatangkan pemateri yang kompenten di bidangnya.

Ketua BPJE Depok, Widiantoro Baroto menjadi salah satu pemateri dalam sesi “Rahasia Sukses Mengelola Pundi-Pundi Rupiah Keuangan dan Bisnis di Masa Krisis”. Dirinya menyampaikan pentingnya memulai bisnis dari apa yang disukai dan paling dipahami.

“Melakukan kesalahan hal yang biasa dalam bisnis tapi terlalu ambil resiko tanpa pengetahuan yang cukup adalah kesalahan besar,” ujar Widiantoro Baroto ketika mengisi materi dihadapan puluhan peserta, Minggu (1/8/21).

Widiantoro Baroto menegaskan sebagian orang lebih suka mencoba-coba dan akhirnya melakukan kesalahan padahal kesalahan itu pernah dilakukan orang lain. Kita bisa belajar dari kesalahan yang dilakukan orang lain.

“Dalam berbisnis jangan mengikuti apa yang dilakukan banyak orang tanpa pengetahuan yang cukup, contohnya ketika bisnis coffeshop menjamur bukan berarti Anda harus ikut berbisnis coffeshop. Dalam berbisnis untuk meminimalkan kerugian tentang dibutuhkan pengetahuan bukan sekedar ikut-ikutan,” jelasnya. 

Percaya kepada diri sendiri bahwa kita memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan bisnis dan investasi. Kebenaran analisa untuk bisnis sendiri bukan tergantung kepada pendapat orang lain. Terima masukan orang lain tapi kelola sesuai dengan kemampuan sendiri.

“Jangan lupa lakukan action karena pengetahuan yang cukup tanpa action tidak akan membuahkan hasil,” pungkasnya.