DepokNews–Sekitar tiga ton sampah berasal dari Sungai Ciliwung berhasil diangkut pada aksi bersih sungai Ciliwung di titik lokasi RW 01 Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji.

“Di titik lokasi aksi bersih Sungai Ciliwung telah berhasil diangkut sekitar tiga ton sampah”kata relawan Komunitas Anak Ciliwung atau Kancil Rizal.

Ia pun menjelaskan bahwa sampah yang berhasil dikumpulkan itu kemudian diangkut menggunakan kendaraan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok.

Dia mengungkapkan terkait konsep aliran sungai yang diubah menjadi rekreasi semi modern.

Ia menjelaskan bahwa saat ini masyarakat pada umumnya telah bermukim tumbuh dan berkembang pada konsep pemukiman modern.

Menurutnya, di tengah kemajuan zaman, tidak menutup kemungkinan aliran sungai diubah menjadi tempat rekreasi modern yang mengundang banyak wisatawan.

“Masyarakat kita masa kini pada umumnya bermukim tumbuh dan berkembang pada konsep pemukiman modern, dengan keterbatasan infrastruktur dan ruang fasilitas bersama. contohnya, kepatuhan pengembang terhadap yang disebut Garis Sempadan”

Dia mengatakan aksi besih Ciliwung merupakan rangkaian Kementrian Lingkungan Hidup dimana para peserta berasal dari berbagai kalangan mulai dari anggota komunitas peduli sungai dan lingkungan, pegawai KLHK dan pemerintah daerah, Pramuka, masyarakat dan perusahaan.

Ia menyebutkan tujuan kegiatan ini adalah kampanye edukasi lingkungan, peran aktif masyarakat, penjaringan kemitraan antara pemerintahan dan perusahaan.

“Dengan adanya aksi bersih Ciliwung diharapkan masyarakat di sekitar Ciliwung dan seluruh Indonesia akan tergugah untuk sadar bagaimana Ciliwung ini kita pelihara dengan baik”katanya.

Mungkin ada program yang bisa dikerjakan secara luas, sehingga Ciliwung menjadi lebih baik.

Di lokasi sama koordinator kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok Wawan Eliyah menambahkan dalam aksi bersih Ciliwung ini pihaknya menurunkan sekitar 10 petugas dan dua kendaraan pick up sebagai mengangkut sampah dari Sungai Ciliwung.