Sambut Ramadhan, Rumah Zakat Gelar Khataman Al-Quran di 28 Kota

Posted on 7 views
DepokNews — Dalam rangka menyambut Ramadhan 1438 H, Rumah Zakat menggelar acara Tarhib Ramadhan yang diselenggarakan secara serentak di 28 kota, yaitu Bandung, Jakarta, Aceh, Balikpapan, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bekasi, Bogor, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Depok, Jayapura, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Solo, Surabaya, Tangerang, Yogyakarta dan Kediri pada hari Minggu ini (21/5).
“Sekitar 5 hari lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadhan, karena itu Rumah Zakat ingin mengajak masyarakat untuk menyambutnya dengan penuh suka cita melalui beragam kegiatan, seperti pawai Ramadhan, khataman Quran, cek kesehatan gratis dan pembagian jadwal imsakiyah Ramadhan,” jelas Nur Efendi, CEO Rumah Zakat.
Di Depok, kegiatan Tarhib Ramadhan dimulai dengan acara funwalk sepanjang Car Free Day di Grand Depok City dilanjut dengan khataman Al-Quran, dan layanan kesehatan gratis.
Ramadhan disebut juga syahrul quran atau bulan Al-Quran, sebab di bulan inilah Al-Quran diturunkan. Karenanya, aktivitas membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan utama di bulan Ramadhan.
“Untuk memulai pembiasaan membaca Al-Quran, Rumah Zakat menjadikan kegiatan khataman Al-Quran sebagai inti kegiatan tarhib Ramadhan 1438 H. Rumah Zakat mentargetkan Khataman Al-Quran ini diikuti oleh 10.000  orang di seluruh Indonesia yang terdiri dari anak-anak penerima beasiswa Juara, member usaha binaan Rumah Zakat, para relawan dan masyarakat umum,” tutur Nur Efendi.
Untuk mendukung aktivitas membaca Al-Quran yang meningkat di masyarakat saat bulan Ramadhan, Rumah Zakat menggulirkan program Syiar Quran, yaitu paket Iqro dan Al-Quran yang akan didistribusikan di berbagai wilayah di Indonesia, terutama daerah perkotaan dan pedesaan yang minim fasilitas Al-Quran.
“Di tahun ini, Rumah Zakat akan mendistribusikan 9.307 paket Syiar Quran yang akan disebar di 100 lokasi di seluruh Indonesia. Harapannya, masyarakat dapat semakin termotivasi membaca Al-Quran di bulan Ramadhan dengan adanya fasilitas Al-Quran baru,” ungkap Nur Efendi.