Oleh: Fiiki Ridho Rabbina

Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) mengadakan kegiatan donor darah di 32 titik diseluruh Indonesia, salah satunya di PMI Kota Depok, Grand Depok City. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut International Volunteer Day, yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2020.

“Merespon dari kegentingan semenjak Covid-19 pasokan darah berkurang, banyak temen-temen relawan yang anggota kelurganya terkena thalasemia, kecelakaan, yang seharusnya mereka bisa fokus untuk penyembuhan, malah pusing untuk nyari donor darah pengganti. Merespon hal itu, kita pengen stok darah kembali normal,” ujar Project Officer Dompet Dhuafa, Fajar Firmansyah, Selasa (17/11/20).

Fajar mengatakan, pihaknya menargetkan 100 kantong darah disetiap titik yang dikunjungi. Nantinya, pengelolaan dan penyaluran darah tersebut akan diserahkan seluruhnya ke PMI Kota Depok.

“Kami batasi hanya sampai 100 pendonor, karena salah satunya untuk mematuhi protokol kesehatan. Kedatangan pendonor pun sudah kami jadwalkan saat mengisi formulir pendaftaran. Mulai dari pukul 09.00-10.00, pukul 10.00-11.00, dan pukul 11.00-12.00 WIB,” terangnya.

Pada kegiatan ini, ucap Fajar, Dompet Dhuafa Volunteer juga memberikan souvenir kepada para pendonor berupa tumbler (botol minum) sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, kita kasih tumbler untuk mengurangi sampah plastik. Kami punya gerakan sumpah ga nyampah, jangan sampai kegiatan baik kita jadi membebani bumi,” tuturnya.

Fajar berharap semakin banyak masyarakat yang peduli untuk melakukan donor darah, dirinya menekankan bahwa covid-19 tidak menular melalui transfusi darah, tetapi melalui droplet.

“Semoga masyarakat semakin sadar dan tergerak untuk donor darah serta tidak takut tersebar virus karena donor darah. Sehingga stok darah kembali aman dan temen-temen kita yang sakit thalasemia, kanker, serta yang butuh transfusi untuk cuci darah tidak kerepotan lagi,” tutupnya.