DepokNews- Kepala DKPPP (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan pihaknya akan menurunkan  petugas untuk memeriksa kesehatan hewan di sejumlah lapak jualan yang ada.

Hal ini sebagai upaya menjaga kesehatan hewan kurban yang akan dipotong menyambut Hari Raya Idul Adha bulan Agustus 2019.

“Kami kan menurunkan sejumlah dokter dan petugas yang ada untuk memeriksa kesehatan hewan qurban yang dijual,” kata Diah.

Menurutnya, sebetulnya kegiatan pemberian vaksin antraks sudah dilakukan oleh para peternak bulan Juni 2019 lalu, dan untuk.memastikan kesehatan hewan kurban yang siap dijual ke masyarakat, maka pihak DKPPP akan kembali turun ke lapangan memeriksa hewan tersebut bulan Juli 2019 ini.

Dia menjelaskan, keberadaan hewan kurban nantinya akan diperiksa antara lain umur hewan, cacat atau tidak, berat badan hewan, penyakit mata, sakit kulit,  gangguan pernafasan dan gangguan pencernaan. Sapi yang memenuhi kriteria akan diberikan pin khusus dan surat keterangan.

“Bila dalam pemeriksaan ternyata hewan qirban yang dijual telah memenuhi syarat dan tidak ada masalah pihaknya akan memberikan pin dan surat keterangan kehadiran petugas di lapak jualan hewan kurban yang nantinya dikalungkan pada hewan kurban tersebut,” jelas mantan Kepala Dinas tenaga Kerja Kota Depok ini.

Pin dan surat keterangan resmi dikeluarkan Pemkot Depok diberikan sebagai tanda hewan tersebut telah diperiksa oleh petugas DKPPP Kota Depok.

“Ini juga untuk memberikan kepercayaan kepada calon pembeli bahwa hewan tersebut bebas dari penyakit, serta telah memenuhi syariat Islam,” tutup Diah.(mia)