DepokNews- Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (GAPOPIN) mengelar bakti sosial, memperingati HUT ke-60, dengan membagikan 200 kacamata gratis bagi siswa di Depok.

Ketua GAPOPIN Kota Depok Tamrin mengatakan, pihaknya mengajak beberapa sekolah diantaranya SDN Rangkapan Jaya Baru, Rangkapan Jaya, Parung Bingung 1 dan 2, SD dan SMP Ponpes Syaid Yusuf, serta SMPN 20 Depok.

“Ini bentuk komitmen kami membantu pemerintah melalui anak SD dan SMP yang memiliki kelainan ketajaman pengelihatan,” kata Tamrin, Rabu (4/9/2019). 

Saat ini GAPOPIN memeriksa mata para siswa, jika memiliki kelainan pengelihatan lalu diproses pembuatan dan didistribusikan ke setiap sekolah. Jadi prosesnya didata berapa dioptri dan didata lalu diproses pembuatan lalu kacamata dikirim ke masing-masing SD. Nanti ditransfer  dari pusat.

“Kedepan kami berencana mengundang  wali kota untuk menyerahkan secara simbolis. Ke depan ingin bekerjasa degan instansi pemerintah yang terkaitan,” jelasnya.

Alasan memberikan bantuan kacamata kepada siswa ini karena banyak faktor. Terutama sekarang ini banyak anak di bangku SD dan SMP mengunakan gawai atau gadget. Hal ini tentu bisa berdampak. Dari keturunan sekitar 10-15 persen, sisanya dari  faktor baca atau disebut kutu buku.

“Tapi sekarang gadget yang marak, karena ada sinar biru yang membuat pengelihatan tergangu jadi cepat rusak mata,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala SDN Rangkapan Haya, Umardani mengapresiasi bakti sosial kali ini. Pasalnya ada beberapa siswa di sekolahnya, yang memiliki mata minus namun tidak dapat membeli kacamata.

“Tentu ini sangat membantu sekali. Apalagi bagi siswa tidak mampu,” tukasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala SDN Parung Bingung 01 Ruskamafi, mata siswa yang sudah minus diperlukan kacamata. Namun kendala tidak mampu membeli, menjadi permasalahan bagi orangtua.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sangat membantu,” tutupnya.(mia)