Sambut Hari Lansia Nasional, Pemkot Depok Gelar Lomba Kreatifitas

Posted on 5 views

DepokNews- Menyambut hari Lanjut Usia Nasional, Pemkot Depok gelar rangkaian lomba dengan melibatkan lansi di Depok. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan lansi Depok untuk lebih produktif.

Kepala Dinas Sosial Kania Purwanti menjelaskan, lomba diselenggarakan di 11 kecamatan. Diantaranya lomba bernyanyi tiga generasi terdiri dari kakek/nenek anak dan cucu antar lansia kecamatan se-Depok. Lomba seni kaligrafi, bisik berantai dengan merangkai kata antar tim, lomba cipta dan baca puisi, lomba hafidz Quran dan lomba kerajinan daur ulang.

“Dengan adanya rangkaian lomba ini diharapkan lansia lebih produktif dan mampu untuk bersemangat,” jelas Kania, Rabu (17/5).

Salah satu lansia dari Kecamatan Limo, Sri Rahayu mengatakan lomba seperti ini sangay diperlukan para lansia. Kebanyakan lansia lebih menghabiskan waktu dirumah mengurus cucu, sehingga merasa tidak produktif dan bosan. Melalui kegiatan lansia dapat menyalurkan hobi dan bersenang-senang dengan teman sebaya.

“Kalau bertemu banyak orang tentu para lansia dapat bertukar informasi dan lainnya. Kegiatan seperti ini harus sering diadakan, tidak saat momen saja,” ungkap nenek 12 cucu ini.

Senada, Leli Agustinaningtyas mengaku kegiatan lomba dapat dijadikan latihan ringan antara otak dan badan. Lomba yang ditampilkan butuh kreatifitas dan menguras otak untuk menggali informasi. Sehingga lansia dapat melatih motorik kasar dan halus.

“Lombanya bikin semangat apalagi diapresiasi dengan hadiah,” tandasnya.(mia)