Sambut Hari Jadi Kota Depok, DLHK Gelar Lomba Bank Sampah

Posted on

DepokNews- Guna meningkatkan kesadaran dalam memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis tinggi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)Kota Depok menggelar lomba yang peserta nya adalah bank sampah. Kegiatan ini merupakan rutin tahun ketiga yang dihelat DLHK dalam rangka menyambut HUT Depok.

“Memang untuk lomba ini, kami kaitkan dengan HUT Depok. Selain itu lomba juga untuk memotivasi seluruh bang sampah agar giat memilah sampah. Bukan hanya sampah an organik melainkan juga residu,” ujar Kabid Kebersihan DLHK Kota Depok Kusumo.

Ia mengungkapkan tercatat ada 483 bank sampah di Depok. Bahkan jumlahnya saat ini hampir menyentuh 500. Menurutnya yang ikut lomba sebagian dari jumlah tersebut.

“Itu hanya sebagian yang mengikuti lomba dan mengajukan proposal company profil bank sampah nya. Nantinya kami verifikasi untuk mendapatkan tiga pemenang terbaik,” ungkapnya.

Dirinya memaparkan yang dinilai antara lain kegiatan -kegiatan yang sudah dilakukan termasuk kerajinan yang dibuat. Kemudian pemilihan sampah organiknya.

“Termasuk juga yang dinilai administrasi baik SK dari lurah, camat, RW. Lalu dilihat juga kepengurusannya bank sampah, ada berapa jumlah anggotanya. Volume sampah yang berhasil dihimpun, aktifitas dan pelaporan,” papar Kusumo.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan melihat hal-hal lain seperti sarana dan prasarana.

“Dari semua yang saya lihat, umumnya sudah pada oke. Tinggal diberi motivasi saja agar mereka benar-benar siap tampil. Ini akan berkelanjutan dan akan menjadi ajang pembinaan untuk mereka,” pungkasnya.(mia)