Ketua FSPMI Saat mengikuti kongres Partai buruh

DepokNews — Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal secara resmi terpilih menjadi Ketua Umum Partai Buruh 2021-2026. Iqbal terpilih dalam deklarasi dan kongres Partai Buruh ke-4 yang digelar pada 4-5 Oktober di Hotel Grand Cempaka, Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Federasi Serikat Perkerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Depok, Wido Pratikno menyambut baik terbentuknya partai buruh. Menurutnya persoalan yang dialami oleh buruh hari ini yang termarjinalkan akibat penerapan Omnibus Law tidak bisa diselesaikan oleh orang lain.

“Banyak masalah buruh yang tidak diakomodir oleh partai lain seperti Nasib anak-anak buruh, masalah upah, maraknya outsorshing dan masalah lainnya. Apalagi dengan adanya Omnibus Law ini Serikat pekerja sudah dilemahkan,”ujarnya.

Berangkat dari hal tersebut kata Dia kehadiran partai buruh ini sangatlah tepat. Sebab penentu kekuasaan dan seluruh hajat hidup di negera ini ditentukan lewat partai di parlemen.

“Kami sangat menyambut baik arahan dari pusat dengan membentuk partai buruh. Sudah saatnya buruh menentukan nasib sendiri,” bebernya.

Lanjut Wido, di Kota Depok sendiri pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan elemen serikat buruh lainnya untuk membentuk kepengurusan.

“Kami sudah melakukan kordinasi dengan yang lain. Dan nama pengurus dari Depok sudah dikirim ke pusat, ada sekitar 5 orang,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menargetkan partai buruh di Kota Depok akan terbentuk bulan Januari.

“Januari Insa Allah paling lama kepengurusan akan terbentuk. Yang jelas saat ini masing-masing Kota dan Kabupaten mengirim perwakilannya 5 orang,” bebernya.

Ia juga berharap seluruh kaum buruh, petani, nelayan, tukang ojek, tukang becak, orang terpinggirkan bisa bergabung dengan partai buruh.

“Partai buruh akan memperjuangkan semua perkerja di negeri ini. Apalah semua hal ditentukan lewat politik. Maka kita harus mewarnai politik ini,” pungkasnya.