DepokNews–Warga di RT 02/03 Kelurahan Beji Kecamatan Beji Kota Depok lakukan kerja bakti membersihkan saluran di lingkungan salah satunya membersihkan saluran di Situ Pladen.

Lurah Beji Setio Untung kepada wartawan mengatakan, aksi bersih-bersih saluran di warga ini sebagai upaya mengatasi persoalan genangan yang dipicu saluran tersumbat.

“Kemarin kita bersihkan bersama warga, karang taruna dan petugas,” katanya.

Setio menjelaskan, kerja bakti kali ini difokuskan pada pembersihan saluran dan gorong-gorong dari sampah.

Melalui cara demikian, saluran diharapkan dapat lebih cepat mengalirkan air dan tidak sampai memicu genangan saat diguyur hujan.

“Target kgorong-gorong di situ Pladen sudah bebas dari sampah dan lumpurnya kita,”katanya.

Relawan Tim Akar Rumput, Suryadi Boges kepada wartawan mengatakan, kegiatan proyek normalisasi tidak bisa mencegah terjadinya banjir.

“Kami kira setelah dilakukan normalisasi Situ Pladen bisa atasi banjir namun tetap saja terjadi banjir di sekitar Situ Pladen,”katanya, kemarin.

Menurut dia, sebagai mengatasi banjir dipemukiman Situ Pladen sebaiknya dilakukan pembersihan saluran outlet yang mengarah ke utara.

“Kami temukan adanya saluran air outlet Situ Pladen yang menyempit sementara di atasnya ada bangunan,” ucapnya.

Dia menduga adanya saluran menyempit menyebabkan air dari Situ Pladen tidak bisa mengalir sehingga tumpah ke pemukiman warga.

Sementara itu, Ketua DPRD Depok, TM Yusuf Syahputra, mengatakan, perlu adanya normalisasi situ situ yang ada di Depok untuk pencegahan banjir ke Jakarta dan Depok. Sebab, fungsi situ ini untuk menyimpan dan menyerap air.