DepokNews — Pimpinan Cabang (PC) Persaudaraan Muslimah (Salimah) Bojongsari melaksanakan acara Seminar Parenting dengan tema “Menjadi Orangtua Bijak di Era Digital” di Masjid Jami Nurul Yaqin, Pondok Petir, Bojongsari, Depok, Kamis (14/11/2019).

“Salimah mengadakan seminar dipersembahkan untuk ibu, anak dan keluarga, bagaimana di era digital ini kita bisa mengembalikan anak kepada Al qur’an,” ujar Ketua PC Salimah Bojongsari, Asma Banafsah.

Hal itu dibuktikan mengawali kegiatan dengan bacaan hafalan Al Quran yang dilakukan oleh anak-anak.

“Mengawali acara dengan pembacaan ayat suci al qur’an oleh ananda Husna (9th), sudah memiliki hafalan 5 juz al qur’an,” tambahnya.

Acara ini diikuti sedikitnya 170 peserta dari tokoh masyarakat , tokoh agama, penggiat majelis taklim, jama’ah majelis taklim, wali yatim dan peserta umum lainnya.

“kegiatan ini sebagai motivasi untuk kita semua bahwa orang tua harus memfokuskan anak-anak dengan al-qur’an dan  edukasi hal-hal yang lebih bermanfaat untuk akhirat. Sehingga bisa lebih bijak dalam penggunaan gadget untuk anak-anak,” ujarnya.

Seminar Parenting ini menghadirkan Wulansari sebagai pemateri yang merupakan seorang Psikolog. Dalam paparanya, Wulansari menjelaskan teori-teori resiko bermain sosial media, dampak games dan mewaspadai adiksi.

“Mari gunakan gadget atau internet dengan tepat dan kreatif,” ajak Wulansari.

Ia menambahkan saatnya menjadi orang tua yang tidak gaptek terhadap tekhnologi, sehingga bisa mengontrol kegiatan anak dalam mengunakan gadget.

“Jadilah orang tua yang askable dan accessable,” ujarnya.

Selain itu, orang tua juga perlu melakukan 4B, yakni bangun kedekatan, biasakan edukasi, buatlah aturan, dan bijak penanganan.

“Tanamkan pada anak kita, apa yang kamu lakukan hari ini, akan menentukan dirimu di masa depan, dan Allah Maha Melihat,” jelasnya.

Selain seminar, Salimah Bojongsari juga melakukan santunan kepada 10 anak Yatim binaanya.