Jakarta (1/8/2021) — Kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi, meski berbagai upaya telah dilakukan. Rekor kematian tercatat pada masa perpanjangan PPKM Level 4, yaitu 27 Juli 2021 yang mencapai 2.069 kasus. Hingga 30 Juli, penambahan jumlah spesimen yang diperiksa 252.184 dengan penambahan kasus positif sekitar 40 ribu per hari.

Demi meringankan beban fasilitas kesehatan masyarakat, DPP PKS membentuk Tim Respon Cepat Covid-19 (TRCC) dan mengadakan pelatihan untuk ribuan relawan di seluruh Indonesia. TRCC Pusat sampai Daerah terdiri dari: Dokter, Perawat, Petugas Ambulans, Petugas Dekontaminasi, dan Petugas Pemulasaraan Jenazah. Pelatihan digelar selama dua hari (31 Juli – 1 Agustus) melibatkan pakar medis yang menyampaikan teori dan praktek.

“Saya menyambut dan mendukung pelatihan bagi relawan penanggulangan Covid-19 karena pemerintah tak bisa bekerja sendirian. Seluruh warga harus bergerak sesuai dengan kemampuan dan tetap menjaga protokol kesehatan,” ujar Salim Segaf, Ketua Majelis Syura PKS. Walaupun PKS terkena dampak cukup parah dengan wafatnya sejumlah anggota dan simpatisan, namun tidak melemahkan semangat untuk melayani warga yang kesulitan.

Sejumlah rumah sakit di beberapa daerah sempat kolaps karena membludaknya pasien Covid, sehingga banyak penderita yang dirawat di rumah dan menyebabkan kematian. “Dalam situasi darurat itu diperlukan respon cepat warga di lingkungan terdekat. Karena itu, kehadiran TRCC sangat dibutuhkan. Itu seperti PKS Covid Ranger,” kata Salim yang pernah menjabat Menteri Sosial era Presiden SBY. TRCC PKS akan siap membantu warga dari latar belakang apapun secara gratis.

Sebenarnya aksi cepat PKS sudah dilakukan jauh sebelumnya, seperti pada pertengahan bulan Maret 2020, DPD PKS Kota Solo membentuk petugas pemulasaraan jenazah yang sangat membantu rumah sakit. Karena kondisi Covid membutuhkan protokol tersendiri. Aksi PKS sempat menarik perhatian dan diikuti daerah lain semisal Depon, Bogor, Bekasi, Surabaya dan lain-lain. PKS juga bergerak tatkala terjadi kelangkaan tabung oksigen dan memberikan bantuan sembako bagi warga dan APD bagi tenaga kesehatan.

Saat ini TRCC mendapatkan full support dari struktur dalam menjalankan tugas, terutama dukungan fasilitas dan berkolaborasi dengan jejaring eksternal (pemerintah setempat dan swasta), para profesional dan lembaga-lembaga mitra yang ada. “Peran anggota DPR dan DPRD serta pejabat publik PKS juga akan diarahkan untuk mendukung penuh TRCC,” jelas Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Ketika menjabat Mensos (2009-2014), Salim juga pernah meluncurkan TRC Kemensos yang bertugas menyelamatkan anak-anak jalanan dan lanjut usia terlantar. TRC Kemensos mendapat apresiasi pubik luas karena berhasil menyelamatkan ribuan anak jalanan dan lansia di berbagai daerah. Mereka ada yang dirawat di rumah singgah, panti sosial atau dikembalikan ke rumah keluarganya. Semangat serupa akan dipegang PKS Covid Ranger. []

Narahubung:

Yoyok Switohandoyo (0813-94341241)