DepokNews–Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, yayasan Sahabat edukasi lingkungan memberikan bantuan berupa tempat sampah untuk 130 rumah di RT 03 RW 04 kelurahan sukmajaya. Founder Yayasan Sahabat Edukasi Lingkungan, Abdullah Gojali mengatakan fasilitas tempat sampah tersebut guna mendukung program pemilahan sampah berbasis aplikasi android (Depok Bersih Apps).

“Pembagian tempat sampah ini sebenarnya adalah tahapan dari program Pilah sampah berbasis aplikasi depok Bersih Apps, setelah sebelumnya diadakan sosialisai pemilahan sampah di lingkungan RT 03 RW 04 kelurahan sukmajaya depok yang juga di hadiri perwakilan dari dinas lingkungan hidup kota depok. Sebagai langkah agar mau memilah sampahnya karena telah di fasilitasi, setelah itu warga akan di lakukan pengawasan dengan aplikasi depok bersih apps , sehingga akan mengetahui presentase tingkat pertumbuhan pemilahan sampah di lingkungan RT 03 RW 04 kelurahan sukmajaya depok,” kata Gojali kepada wartawan.

Menurutnya,sistem pengelolaan sampah juga harus masuk dalam era digitalisasi supaya adanya perbaikan dalam system tata kelola pengelolaan sampah dan masyarakat juga dapat di mudahkan dan juga diawasi dalam pemilahannya. Sehingga dengan aplikasi depok bersih ini bisa menjadi program pemerintah kota depok, maka keberhasilannya akan mencapai 100% warga depok akan memilah sampah dan tidak ada lagi yang akan membuang sampah secara sembarangan.dan target kota depok untuk mencapai zero waste city akan tercapai.

 
“Karena  sampah adalah masalah yang yang tidak pernah selesai dari tahun demi tahun, maka oleh karena itu butuh ketegasan pemerintah  khususnya pemerintah kota depok dalam menyelesaikan masalah persampahan, dan kami hadir untuk membantu pemerintah kota depok dengan membawa solusi digital berupa aplikasi depok bersih Apps dan juga system pengambilan sampah yang berbeda dari tahun sebelumnya ” ucapnya.

Gojali menuturkan, selain memberikan tempat sampah untuk warga di lingkungan RT 03 RW 04 kelurahan sukmajaya , gojali pun turut membantu petugas kebersihan untuk mengambil sampah dan juga menyelesaikan beberapa kendala dalam proses pemilahan, sehingga pemerintah juga harus turut serta untuk membantu jika ada kendala yang dihadapi dalam proses pemilahan. ‎”Kami berharap pemerintah kota depok dapat merespon dengan cepat , ide dan gagasan yang kami bawa , agar program pemilahan sampah berbasis aplikasi depok bersih ini dapat berjalan di seluruh wilayah kota depok.,” jelasnya.