Oleh : Rina roudatuljannah

Reportase SHIC ( Sahabat Hati Cinere) dalam kajian online perdananya pada hari ahad 03 mei 2020 dengan tema utama pembahasan “Bagaimana menjadikan Ramadhan sahabat setiamu”. Kajian online ini dihadiri oleh 68 peserta dari berbagai daerah dan antusias menyimak penjelasan bersama kak Wendi lastwati . Peserta online sangat antusias mengajukan beberapa pertanyaan tentang bagaimana sahabat Ramadhan itu.

Pembahasan ini diawali dengan perkenalan SHIC, arti sahabat menurut peserta dan hal yang dilakukan sahabat ketika bersama. Banyak peserta menjawab sahabat adalah orang yang paling mengerti kita dan selalu ada untuk kita disaat senang dan sedih, biasanya ketika berkumpul dengan sahabat akan melalukan berbagai hal seperti cerita bareng, belajar bareng, ikut kajian bareng dan masih banyak yg dilakukan ketika bersama sahabat. Kemudian Kak Wendi memberikan penjelasan sahabat menurut istilah, menurut bahasa dan menurut para ulama. Kemudian juga mengingatkan kita untuk bersahabat dengan puasa, karena puasa merupakan salah satu amal shalih yang akan menemani kita di akhirat, banyak keutamaan puasa salah satunya.

” Bagi orang berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan yang keduanya ia bergembira, jika ia berbuka gembira dan jika ia berjumpa dengan Tuhannya ia bergembira dengan puasanya ( HR Bukhari Muslim ).”

Puasa tahun ini berbeda dengan puasa tahun-tahun sebelumnya dikarenakan mewabahnya virus covid-19 atau yg lebih dikenal virus corona. Banyak larangan untuk berkumpul sehingga ibadah berjamaahpun sementara dilarang. Sehingga di online group ini memaparkan bahwa masih banyak amalan yang kita dapat lakukan di rumah misalnya, dengan tarawih di rumah, menghafal Al-Qur’an, membantu orang tua dan masih banyak amalan baik yg kita lakukan saat di rumah dan yang istimewa dimalan ramadhan ada malam lailatul Qadar atau malam yang melebihi 1000 bulan. Seribu malaikat memberikan do’a terbaik bagi hamba Allah yang mukmin untuk dikabulkan nya dan di ampuninya segala dosanya.

Disinilah pentingnya kita tau hakikat puasa yang biasanya haya sekedar membaca tanpa di pahami dan praktekan. Ada beberapa hukum yg merangkum segala hukum islam yaitu wajib, sunah, mubah, makruh dan haram. Pastikan diri kita menjalankan ibadah wajib kemudian sunah yang lebih di utamakan. Walaupun ada ibadah mubah. Dan hindari perihal yang di haramkan Allah SWT.

Sehingga jadikanlah ramadhan sahabat setiamu karena di bulan ramadhan pahala kita akan dilipat gandakan yang sunah menjadi pahala wajib dan yang wajib berlipat ganda pahalanya hingga 72x dan puasa juga bisa menjadi perisai kita dari perbuatan maksiat serta akan menjadi sahabat kita di akhirat kelak.

Allahu aklambishowab