Sahabat Ciliwung Kebo Gerang Dikukuhkan

Posted on 6 views

DepokNews — Lurah Kemirimuka, Kecamatan Beji  Ramdani pada Minggu (30/4) melantik komunitas Sahabat Ciliwung Kebo Gerang.

Sebelum dilakukan pelantikan para Sahabat Ciliwung Kebo Gerang melakukan ngalun dan mengarungi Sungai Ciliwung sambil membersihkan sampah.

Lurah Kemirimuka Ramdani kepada wartawan menyambut baik dilakukan pembentukan komunitas sahabat Ciliwung Kebo Gerang sebagai langkah merawat dan melestarikan keberadaan Sungai Ciliwung dari kerusakan bahkan pencemaran lingkungan.

“Kami dukung adanya pembentukan komunitas sahabat Ciliwung Kebo Gerang di wilayahnya diharapkan dengan adanya komunitas ini kondisi Sungai Ciliwung yang melintasi Kemirimuka bisa terjag dari kerusakan,”katanya.

Menurut Lurah sungai Ciliwung melintasi beberapa lingkungan RW di Kelurahan Kemirimuka dengan kondisi itu maka pihaknya mengajak ketua RW dan warga yang lingkungannya di lintasi Sungai Ciliwung untuk menjaga kondisi alam Sungai Ciliwung salah satunya tidak membuang sampah di sungai.

Ekosistem Sungai Ciliwung dinilai sangat bagus untuk dijajal seperti melakukan arung jeram mulai dari jembatan Panus hingga Kebo Gerang Kemirimuka.

“Kami susuri dari Jembatan Panus hingga Kebo Gerang pemandanganya luar biasa dan kami rasa sungai Ciliwung bisa dijadikan potensi wisata lokal di Kita Depok,”katanya didampingi ketua LPM setempat H Asmawi Sanip.

Dilokasi sama ketua Komunitas Sahabat Ciliwung Kebo Gerang Ahmad Supandi menambahkan anggotanya ini terdiri dari para pengurus ketua RW, Karang Taruna, PKK dan warga di Kemirimuka.

“Komunitas ini kami bentuk sebagai langkah upaya menjaga ekosistem Sungai Ciliwung dari kerusakan seperti pencemaran limbah dan kerusakan lainnya,”katanya.

Tugas dari para anggota komunitas Sahabat Ciliwung Kebo Gerang ini nantinya bertugas menjaga, merawat dan melestarikan keberadaan kondisi Sungai Ciliwung.

Program awal yang dilakukan seperti melaksanakan kerja bakti di sekitar Sungai Ciliwung rencananya akan dilaksanakan setiap satu bulan.

Menurut dia, Sungai Ciliwung memiliki potensi yang ada seperti wisata arung jeram, jogging track, ikan baung maka dari itu pihaknya akan berupaya untuk mengembangkan potensi sungai Ciliwung yang bermanfaat.