Saat Ini PMI Depok Hanya Punya Stok 680 Kantong Darah

Posted on

DepokNews — Kantor Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Depok saat ini hanya memiliki sekitat 680 kantong darah.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Depok Widya Astriyani pada Rabu (6/6) kepada wartawan mengatakan PMI Kota Depok, mengalami kekurangan stok darah selama ramadhan.

“Stok darah awal bulan Juni sebanyak 1.000 kantong untuk semua golongan darah, saat ini kami hanya punya 680 kantong darah dari berbagai golongan,”katanya.

Dia menambahkan antusias masyarakat setiap tahun rendah melakukan donor darah pada bulan puasa dikhawatirkan  mereka umumnya khawatir bisa pingsan, pusing sehingga batal puasanya.

“Padahal sebenarnya ngga usah mikirnya begitu. Aman kok berdonor walaupun sedang puasa. Kantor kami PMI Depok menerima donor dari pukul 08:00-21:00 Wib,” katanya.

Dia mengakui pada bulan lainnya, PMI Kota Depok tetap mengalami kekurangan stok darah, kendati turunya tidak drastis seperti saat ini.

Pada bulan Ramadan atau puasa ini jumlah kegiatan donor darah dinlai sepi atau jarang.

“Bulan puasa ini drastis banget. Biasanya ada dua Instansi atau kantor yang ngundang kita melakukan kegiatan donor, tapi sampai hari ini belum ada,” katanya.

Di lokasi sama salah satu pendonor darah mengaku tidak takut ber-donor meskipun dirimya sedang berpuasa.

Dirinya termotivasi ber-donor karena pernah mengalami kesulitan ketika sedang membutuhkan darah.

“Ibu saya kan transfusi darah. Saya paham betul susahnya nyari darah waktu kita butuh dan mendesak. Makanya saya ber-donor mudah-mudahan bisa bermanfaat membantu orang lain,”katanya.