DepokNews–Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi prioritas pembangunan pertanian nasional dari waktu ke waktu. Ke depan, setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumber daya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga. 

Dari program KRPL yang menjadi sebuah program Kementerian Pertanian telah menginspirasi pengurus RW 16 di Kelurahan Mekarjaya Kota Depok untuk membentuknya.

Menurut Ketua RW 16 Kelurahan Mekarjaya Ferryzar, prinsip dasar KRPL adalah pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, konservasi sumber daya genetik pangan (tanaman, ternak, ikan) dan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan warga.

Lanjutnya, program KRPL ini adalah swadaya warga RW 16 Kelurahan Mekarjaya dan menjadi salah satu program unggulan kepengurusan kami dan program KRPL ini bertempat di perkarangan rumah warga di RT 06 RW 16 Insya Allah kedepan bisa tersebar di semua RT di lingkungan RW 16 Kelurahan Mekarjaya.

Kami akan kembangkan terus KRPL ini, karena program ini sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan pangan warga RW 16,” ujar Ferryzar.

Rispermana Ketua RT 06 sekaligus penanggung jawab KRPL menyatakan, program KRPL di RW 16 sudah berjalan 3 bulan. Tanaman Hidroponik yang kami tanam berupa jenis Pokcay, Selada, Bayam, Kangkung, Seledri, Cabai, Tomat, Labu madu dan ada juga budi daya ikan dalam ember.

Rispermana menambahkan, sistem penanaman yang kami terapkan yaitu sistem Deep Flow Technique (DFT), Wick, konvensional dan kedepan kita akan merencanakan sistem Nutrient Film Technique (NFT).

Kami sudah 2 kali panen, 1 bulan 1 kali panen dan kurang lebih hasil panen kami sejumlah 50 kg, lalu hasilnya bisa dikonsumsi secara pribadi oleh warga dan sebagian sisanya dijual,” ujar Rispermana.

Alhamdulillah kemarin kita mendapatkan bibit dari DKP3 Kota Depok dan kami berharap kedepannya program ini bisa di support total oleh pemerintah kota Depok, tutup Rispermana.