DepokNews–Persebaran Virus Corona atau Covid-19 yang masih massif membuat sejumlah kegiatan tidak bisa dilaksanakan apalagi Kota Depok saat ingin yang melanjutkan PSBB Proporsional.

Kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan salah satunya adalah kegiatan Posyandu, di berbagai wilayah salah satunya RW 16 Kelurahan Mekarjaya yang sempat vakum 3 bulan kegiatan Posyandu.
Nah kini aktivitas Posyandu bisa berjalan dengan program Posyandu Keliling.

Menurut Ketua PKK RW 16 Nungki Sabrina, Layanan Posyandu hadir untuk memastikan tumbuh kembang balita bisa terpantau baik gizinya maupun kesehatan balita dan juga pemeriksaan ibu hamil di masa PSBB ini. Di RW 16 sendiri memiliki 10 RT dan kami sudah jadwalkan untuk pelaksanaan kegiatan Posyandu keliling yaitu 2 hari.

Lanjutnya, dengan konsep Posyandu Keliling, kader posyandu dibantu Pendamping Kader Posyandu (PKP) berjumlah 8 orang akan jemput bola secara door to door ke rumah warga disetiap RT dan ada juga beberapa RT yang menyiapkan tempat untuk pelaksanaan Posyandu keliling. Kami juga akan tetap menjaga protokol kesehatan dengan berjaga jarak dan juga menyiapkan masker, hand sanitizer maupun sabun cuci tangan.

“Ini door to door dan tidak mudah, kader akan sangat lelah. Tapi karena kami memiliki jejaring luar biasa, kami punya kader posyandu dan punya PKP, sehingga balita dan ibu hamil bisa terus kami pantau. Balita yang kami cek umur 0-5 tahun, untuk umur di bawah 1 tahun balita hanya boleh dipegang oleh orangtuanya dan kami hanya memeriksa tanpa harus memegang balita tersebut” kata Nungki Sabrina.

Setelah pemeriksaan balita dan ibu hamil, kami memberikan biskuit dan susu untuk balita dan juga biskuit untuk ibu hamil sebagai makanan tambahan ibu hamil, ujar Nungki Sabrina.

Ketua RT 09 RW 16 Kelurahan Mekarjaya Suryadi menanggapi, saya sangat mengapresiasi PKK RW 16 Kelurahan Mekarjaya, karena kegiatan Posyandu keliling ini sangat bagus, warga tidak perlu jauh-jauh ke Posyandu RW 16 untuk mengecek anaknya, karena kini hadir posyandu keliling. Saya juga sudah menyiapkan lokasi pengecekan balita dan ibu hamil untuk warga RT 09, jadi petugas tidak usah door to door ke warga RT 09.

Posyandu merupakan kegiatan rutin setiap bulan dan harus terus dilakukan ditengah pandemi Virus Corona ini. Harapan saya semoga pandemi Virus Corona ini berlalu dan kegiatan-kegiatan Posyandu kedepannya bisa lebih baik dengan inovasi-inovasi terbarunya, Tutup Suryadi.