Tapos – Pengurus RW 09 Kelurahan Jatijajar Kecamatan Tapos Kota Depok bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Depok menyelenggarakan vaksinasi Massal Covid-19 dosis atau tahap pertama di Gedung Kantor Posyandu RW.09, Kamis 2 September 2021. Vaksinasi diberikan kepada warga yang berdomisili di RW.09 Jatijajar secara gratis tanpa dipungut biaya.

Sontak warga antusias menyambutnya. Animo warga masyarakat demikian tinggi. Ini terungkap data dari keterangan panitia bahwa vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini diikuti oleh 510 warga setempat.

Ketua RW 09 Kelurahan Jatijajar Ahmad Tukidi mengatakan, vaksinasi ini merupakan salah satu langkah dalam rangka percepatan vaksinasi demi mensukseskan program Pemkot Kota Depok menurunkan angka penyebaran Covid-19.

“Targetnya 500 orang. Karena tingginya minat warga yang ingin divaksin yang mendaftar ada 560 orang. Yang bisa terlayani ada 510 warga,” ujar Tukidi.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya menekan angka penyebaran Covid-19. Dan acaranya kita buat senyaman mungkin sehingga warga tidak merasa takut untuk disuntik vaksin,” katanya lagi.

Tukidi menambahkan, acara ini terselenggara berkat peran aktif pengurus dan para ketua RT se-RW 09 dan dengan dukungan dari berbagai pihak seperti Dinas Kesehatan Kota Depok, Puskesmas Jatijajar, Aparatur Pemerintah Kelurahan Jatijajar, Pokja RW.09 Jatijajar, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, dan unsur partai politik.

“Semua elemen masyarakat berperan dalam pelaksanaan vaksinasi di RW.09. Dari anak mudanya melalui Karang Taruna membantu pada saat proses pendaftaran. Dari tokoh masyarakat Ustad Mamuri yang juga Ketua DPC PKS Kecamatan Tapos berusaha keras supaya kegiatan ini dapat terlaksana,” imbuhnya.

Lebih lanjut Tukidi menerangkan, ada sebanyak 25 nakes yang terlibat langsung. Dari Dinkes melalui Puskesmas Jatijajar berjumlah 11 nakes, Klinik dokter Rita 9 nakes, dan dari Ustad Mamuri mengirimkan 5 nakes. Banyaknya bantuan dan keterlibatan berbagai pihak membuat Tukidi terharu senang.

“Bahkan Kepala Puskesmas Jatijajar Dokter Rizky dengan sabar membersamai kami, membimbing dan mengarahkan jalannya kegiatan. Dan Bapak Sugino, Lurah Jatijajar juga datang memberikan dukungan,” ungkap Tukidi.

Sebelumnya pihaknya sudah pernah melakukan vaksin Covid-19 bagi manula.

“Pernah sekali kami adakan vaksin untuk manula. Kali ini kami adakan kembali untuk umum tidak sebatas ukuran usia,” tutur Tukidi.

Salah seorang ketua RT yaitu Supriyanto, Ketua RT.03/09 yang terlibat dalam kepanitiaan sebagai Korlap kegiatan vaksinasi menyampaikan bahwa panitia menggunakan vaksin Sinovac. Adapun acara dari pukul 07.00 WIB panitia sudah menyiapkan sarana, tenaga kesehatannya, dan vaksinator.

“Acaranya kita siapkan dari pukul 07.00 pagi. Dan kita mulai jam 07.30. Alhamdulillah berjalan lancar. Selesai pukul 13.30 WIB,” kata Supriyanto menutup perbincangan. (shl)