DepokNews — Yayasan Sahabat Rumah Al Qur’an Daarut Tarbiyah, pada hari Sabtu 3 Maret 2018 telah melaksanakan program Upgrading SDM RQ Data. Acara tersebut berlangsung sejak pukul 09.00 s/d pukul 16.30 WIB di aula lantai 4 asrama RQ Data, Depok.

Upgrading ini diikuti oleh 35 orang peserta yang terdiri atas leader, musyrif, dan musyrifah RQ DaTa dari 9 cabang seluruh Jabodetabek.

“Alhamdulillaah peserta sangat antusias dan penuh semangat mengikuti, menyimak materi training.
Upgrading ini dipandu oleh trainer yang handal dan berpengalaman yaitu couch Farid Wajdi dan couch Mahfudz Roji dengan tema Menjadi Guru berkarakter Al Qur’an,’ kata Ahmad Fauzi Ketua bidang Humas dan Syiar Yayasan Rumah Qur’an Daarut Tarbiyah

Point penting pada training tersebut bahwasanya menjadi seorang guru diawali dengan niat yang ikhlas karena Allah, membangun komunikasi 3 arah yang baik antara pengajar audiens dan Allah SWT. Merubah mindset, terkoneksi ke otak bawah sadar harus ada pengakuan diri
” Who i am”.

Selain materi training motivasi juga disampaikan ilmu grapologi ( membaca karakter orang melalui tulisan ) dan beberapa simulasi, sugesti dan di akhiri dengan muhasabah.

Ilmu grapologi diajarkan agar peserta nantinya dapat membaca sifat-sifat santri melalui tulisannya, sehingga para pengajar mampu memahami santrinya dengan baik.

Selain itu, pada training tersebut juga diajarkan untuk mengenal metode belajar yang digunakan oleh setiap individu, baik secara auditori, visual, maupun kinestetik. Hal ini bertujuan agar para pengajar mampu mengarahkan metode yang tepat untuk santri dalam menghafal, sesuai kecenderungan metode pada masing-masing santri.

Semoga upgrading ini mampu meningkatkan kualitas pengajar RQ Data, sehingga mampu mengahsilkan santri-santri yang berkualitas pula, yaitu menjadi hafidz-hafidzah yang berkarakter Qurani.