DepokNews–Ruang kelas di SD Kemirimuka 2 Kecamatan Beji yang dulunya kusam di sulap menjadi dingding bergambar.

Dengan berbekal kuas dan cat serta bimbingan guru, mereka dengan cekatan memoles dinding-dinding ruang kelas sehingga tampak indah.

Ketika memasuki ruang kelas, suasana ceria dan nyaman begitu terasa dengan tampilan berbeda diantara nya sebagian dinding ruang kelas di cat berwarna-warni, dan sebagain lagi terdapat lukisan pemandangan yang sangat menarik.

Kepala SDN Kemirimuka 2 Rusnadi pada Kamis (19/9) mengatakan, selama ini ruang kelas tampak suram dan kusam sehingga membuat Kegiatan Belajar Mengajar tidak semangat.

Melihat kondisi itu pihaknya bersama komite kelas dan sekolah melakukan rapat untuk mengubah pola dingding ruang kelas yang kusam.

“Kegiatan lukis dinding kami dapat setuju dari orang tua,”katanya.

Dia mengatakan kondisi ruang kelas yang bergambar dan kreatif bisa menjadi penentu prestasi siswa belajar di sekolah. Sebab, di ruangan kelas itulah siswa menghabiskan 90 persen waktunya untuk belajar.

Karena itu, kenyamanan, kebersihan, dan keindahan kelas menjadi salah satu aspek penting dalam membangkitkan siswa belajar.

“Selama ini ruang kelas yang saya pimpin hanya sebatas ruang belajar bagi para murid, adapun suasana murid yang selama ini adalah biasa – biasa saja, namun tetap terjaga kebersihannya, gambar pahlawan yanh di gantung di dinding dadu bingkai, tetapi kali ini saya coba mendesain ruangan kelas dengan berbagi corak warna dan lukisan di dinding yang mengandung arti yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari, Hal ini saya lakukan semata-mata ingin meningkatkan kwalitas pendidikan para murid ,salah satunya adalah membuat suasana ruangan,”katanya.

Dijelaskan, ide membuat ruang kelas kreatif tidak lain adalah untuk membangkitkan semangat belajar siswa di kelas.

Sehingga muncul kreatifitasnya dengan hasil akhir prestasi yang membanggakan siswa, sekolah dan orang tua siswa.

Tak hanya nyaman bagi siswa, ruang kelas itu juga nyaman bagi guru. Para guru dan siswa bisa lebih betah dan semangat di dalam kelas.

Sekarang para murid merasa betah di dalam ruangan pada waktu belajar maupun di saat istirahat, mereka lebih banyak di dalam kelas, dan murid juga sesekali saling menafsirkan arti gambar di tembok ruang kelas.

Salah satu siswi, Dewi, mengaku sangat senang saat berada di sekolah, terutama ruang kelasnya.

Sebab, ruang kelasnya kini penuh dengan hiasan dan lukisan yang membuatnya betah dan semangat belajar.

“Sebelumnya ruang kelas catnya hanya kuning polos, tapi sekarang jadi penuh warna-warni,” tuturnya.(ajihendro)