DepokNews — Yayasan Ruang Baik Bersama (Ruang Baik) selama Ramadhan 2020 berhasil menghimpun dan menyalurkan 1 ton kurma untuk berbuka puasa. Donasi dihimpun sejak awal Ramadhan 1441 H hingga tanggal 18 Mei 2020.

“Program kami tutup, alhamdulillah telah terhimpun 1.070 kg kurma sumbangan dari para donator,” ujar Hendra Aditya ketua Yayasan Ruang Baik.

Hendra menambahkan sampai dengan tanggal 18 Mei 2020 pihaknya telah menyalurkan kurma untuk berbuka puasa kepada kurang lebih 3.638 orang/penerima manfaat yang difokuskan distribusinya di wilayah Jabodetabek dan beberapa di luar Jabodetabek.

“Rincian penerima manfaat berdasarkan wilayah, sebanyak 3.269 penerima manfaat di Jabodetabek, kemudian, sebanyak 369 penerima manfaat di luar Jabodetabek, diantaranya terdistribusi ke Purwakarta, Karawang, Legok(Banten) hingga muallaf di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, pulau paling selatan Indonesia,” bebernya.

Menurut Hendra, berdasarkan jumlah penerima manfaat tersebut kurma terdistribusi sebanyak 95,35% di Jabodetabek, dan 4,65% di Luar Jabodetabek. Para penerima manfaat adalah para santri, ustadz/guru ngaji, dan warga yang membutuhkan.

“Sejak digulirkannya program ini, selain untuk mensyiarkan bulan suci Ramadhan, juga ditujukan kepada kepada mereka yang terdampak secara ekonomi karena pandemi covid-19 yang dengan situasi saat ini banyak yang kesulitan ekonomi bahkan sekedar untuk membeli buah kurma, yang lumrahnya dikonsumsi oleh umat muslim saat berbuka puasa,” tutupnya.