DepokNews — Yayasan Ruang Baik Bersama (Ruang Baik) melakukan ekspedisi wakaf al-quran ke puluhan pesantren di Puau Jawa, 11 hari perjalanan telah dilakukan ke 4 Provinsi di Pulau Jawa, Diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY Yogyakarta.

Perjalanan dilakukan sejak tanggal 28 Juni hingga 8 Juli 2020 dimulia dari Cirebon, Kuningan, Majalengka, Pekalongan, Semarang, Kota Batu, Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Blitar, Jogja, Sleman, Magelang hingga Kebumen.


“Team Ruang Baik dalam program “Tour de Java” kali ini menyambangi Pondok Pesantren, Pondok Tahfidz, BMT (menyalurkan di 4 wilayah di Jawa Barat), Jaringan BPRS , RTQ, TPQ dan Sekolah IT penghafal Quran di daerah daerah tersebut,” Ujar Hendra, Ketua Yayasan Ruang Baik.

Menurut Hendra, selain menyalurkan wakaf Quran Ruang Baik, ekspedisi ke pulai jawa sebagai ajag meminta nasihat dan doa dari para kyai serta membawa Program ruang Baik lainnya yakni PPK (Sembako untuk Guru Ngaji dan makan Santri).

“kami menemukan bahwa kebutuhan di daerah akan mushaf al-Quran sangat tinggi, dari 15.000 Mushaf yang kami bawa ternyata kebutuhannya lebih dari itu bahkan dalam perjalanan masih ada sekitar 10.000 permintaan lagi dan akan dikirim setibanya kami di Depok”.

Salah satu penerima kunjungan Ruang Baik mengucapkan terima kasih kepada donatur Ruang Baik dan team Ruang Baik atas donasi Mushafnya dan suportnya dalam program Tour De Jawa Ekspedsi Wakaf Quran.

“Kami sangat senang mendapatkan Mushaf yang sesuai dengan kebutuhan para santri disini (mushaf tajwid, Quran Pojok serta kualias kertas yang bagus) sehingga para santri menjadi semangat menghafal,” Ujar Kyai imron Pimpinan Ponpes di lumajang.

Selain menyalurkan program Wakaf Quran, Ruang Baik juga menggali kebutuhan disetiap daerah yang perlu dibantu. Di Wilayah Cirebon dan Lumajang misalnya ada beberapa Pondok Pesantren yang sedang mengalami kekeringan sehingga para santri juga kesulitan dalam mengakses air untuk kebutuhan sehari hari dan ini menjadi PR juga buat team untuk membantu kedepannya.

“Di beberapa pelosok daerah masih banyak santri yang kesulitan mengakses Al Quran, dikarenakan biaya dan juga jarak untuk mengaksesnya, Oleh karena itu kami mengajak kepada siapapun orang Baik untuk bergabung dalam Program kebaikan ini bersama Ruang Baik dengan mengakses langsung kami di ruangbaik.com” tambah Hendra.