RSUD Depok Galakan Gerakan Cuci Tangan

Posted on

DepokNews — Untuk menanamkan pentingnya  pemahaman cara cuci tangan yang benar, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok secara rutin menggencarkan gerakan cuci tangan pada pasien dan keluarganya. Dengan menggalakkan cuci tangan, efektif menurunkan angka penderita penyakit di Kota Depok, seperti yang dilansir depok.go.id

Kepala Bidang Keperawatan RSUD Kota Depok, Diyah Fitri Wulandari mengatakan, selain terhadap pasien RSUD Depok, perawat dan staf lainnya, sering juga diingatkan dalam setiap apel bagaimana mencuci tangan yang benar.

“Semua petugas di RSUD Depok harus bisa mencuci tangan yang benar. Itu dilakukan berulang-ulang, edukasi setiap apel kami review bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Ternyata masih benar semua,” ujar Diyah, usai mendampingi edukasi cuci tangan kepada pasien dan keluarga yang sedang menunggu di RSUD Kota Depok, Jumat (17/03/2017).

Menurutnya, untuk mencuci tangan harus memperhatikan 5 momen penting. Kelima momen tersebut antara lain, saat sebelum kontak dengan pasien, sebelum tindakan aseptik, setelah kontak dengan lingkungan di sekitar pasien, setelah terkena cairan pasien, dan setelah kontak dengan pasien.

“Jadi petugas RSUD maupun tenaga kesehatannya wajib memperhatikan 5 momen itu. Mereka harus mencuci tangan dengan gerakan yang benar,” katanya.

Sedangkan untuk gerakan cuci tangan yang diedukasi ke masyarakat di antaranya, gerakan cuci tangan yang disingkat dengan Tepung Selaci Puput. Singkatan tersebut kepanjangan dari, cuci tangan pada telapak tangan sebanyak 4 kali di masing-masing tangan. Punggung tangan sebanyak 4 kali di tangan kanan dan kiri. Pada sela-sela tangan, kunci seperti gerakan mengunci. Serta yang terakhir gerakan putar kanan dan kiri untuk membersihkan kuku.

“Untuk waktu gerakan cuci tangan ini sebentar. Kalau pakai handscrub dilakukan hanya 20 sampai 30 detik, sedangkan kalau pakai air mengalir sampai 1 menitan,” ucapnya.

Untuk memfasilitasi gerakan cuci tangan, pihak RSUD Depok saat ini sudah menyediakan banyak handscrub yang ditempatkan di beberapa titik. Hal ini dilakukan guna memudahkan tenaga kesehatan, pasien, keluarga pasien, dan petugas lainnya untuk cuci tangan saat berada di area RSUD Depok.

“Jadi teman-teman perawat bisa cuci tangan dengan mudah. Pasien dan keluarganya juga kami edukasi terus menerus untuk melakukan gerakan cuci tangan,” tutupnya.