RKI Kelurahan Ratu Jaya Gelar Pelatihan Pilah Sampah

Posted on 706 views

DepokNews – Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Kelurahan Ratu Jaya bekerja sama dengan Pengurus RT.06 RW.06 Kelurahan Ratu Jaya Kecamatan Cipayung Kota Depok menggelar pelatihan cara memilah sampah dan mengelola bank sampah.

Acara tersebut digelar pada, Ahad (25/2/2018) di Musholla Islahul Bunyan RT.06 RW.06 Kelurahan Ratu Jaya.

Acara ini diikuti puluhan peserta dengan menghadirkan nara sumber Teguh Prayitno dari Dinas Lingkungan Hidup & Kebersihan Kota Depok dan Ibu Enjum dari Perwakilan Koordinator Bank Sampah Kecamatan Cipayung (KorCam)

Dwini N sebagai Ketua RKI Kelurahan Ratujaya mengatakan, masalah sampah bukan hanya menjadi tanggungjawab Ibu rumah tangga saja tetapi tanggung jawab bersama seluruh anggota keluarga dan masyarakat.

“Besar harapan kami kegiatan pengelolaan sampah dapat melibatkan bapak-bapak bahkan anak-anak dan semua elemen warga karena sampah merupakan masalah besar yang harus menjadi perhatian kita semua,” kata ketua RKI Ratu Jaya dalam sambutannya.

Acara ini juga mendapat dukungan dari Ketua RT 06/06 Nurman yang juga hadir dan memberikan sambutan.

“Baru pertama kali ini saya mengundang ibu-ibu, karena para ibu yang lebih sering di dapur sebagai unit penghasil sampah rumah tangga, harapannya para ibu bisa ikut serta dalam upaya pengelolaan sampah agar lingkungan kita bersih dan nyaman,” katanya.

Teguh sebagai pemateri pemilahan sampah dari DLHK dalam kesempatan ini menyampaikan berbagai jenis sampah dan cara pemilhannya. Demikian juga pemateri dari Perwakilan Koordinator Bank Sampah Kecamatan Cipayung  Enjum D juga menyampaikan pentingnya kesadaran memilah sampah.

“Memilah sampah ini bagian dari ibadah, maka kesadaran untuk memilah sampah dan menjaga kebesihan secara umum harus kita tanamkan pada diri kita dan pada anak-anak kita sejak dini,” kata bu Enjum.

Kemudian dilanjutkan pemberian doorprize, warga yang hadir begitu antusias, semua pertanyaan yang disampaikan bisa dijawab . Para peserta tampak memperhatikan dengan seksama ketika penjelasan diberikan.

Di akhir acara Ketua RT memimpin do’a agar semua yang direncanakan berjalan lancar dan mendapat dukungan dari seluruh warga RT 006/06 Kel Ratujaya,Kec Cipayung Depok