Sosialisasi empat pilar (Istimewa)
DepokNews- Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Risa Mariska, sosialisasikan empat pilar di Baper Cafe, Sawangan, Sabtu (3/2/2018). Hadir dalam sosialisasi dan juga menjadi pembicara
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok Hendrik Tangke Allo dan Ketua DPC BMI Ruqby Adeana.
Risa mengatakan ada empat pilar yang disosialisasikan, pertama Pancila sebagai dasar dan ideoligi negara. Kedua UUD RI 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Ketiga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan keempat adalah Bhineka tunggal ika.
“Dalam ekplorasinya, bahwa pancasila harus dibumikan di Kota Depok. Dan sebagai kota yang multikultural harus diisi dengan pemahaman empat pilar ini, dan pemahamannya harus sejak dini,” jelas Risa.
Risa menyebtukan, dalam menyosialisasikan emlat pilar ini dapat melalui organisasi yang ada di masyarakat.
“Misalnya, kita bisa sosialisasikan melalui karang taruna, KNPI dan organisasi kemasyarakatan lainnya,” ujarnya.
Sedangkan Ketua DPC PDI Perjuangan Hendrik Tangke Allo mengatakan sosialisasi empat pilar ini sangatlah penting. Terutama bagi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Seperti sejarah saat pergerakan pemuda di tahun 1928, adanya sumpah pemuda ketika itu. Dan yang merekatkanĀ  bangsa Indonesia adalah jargon persatuan.
“Adanya jong java, jong sumatera dan lainnya. Karena mereka berfikir satu. Yakni untuk Indonesia merdeka. Mereka bersatu padu dalam satu kesatuan. Makanya ada kesatuan pemuda saat itu Boedi Oetomo,” tandasnya.(mia)