Ringankan Beban Petugas Medis, FPKS Serahkan 500 Jas Hujan Untuk Tenaga Kesehatan di Kota Depok

Depoknews–Fraksi PKS menyerahkan bantuan berupa jas hujan sebanyak 500 buah kepada Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Balaikota Depok.

Penyerahan tersebut langsung diserahkan anggota DPRD Fraksi PKS Suparyono dan diterima langsung oleh ketua gugus percepatan penangan Covid-19 Kota Depok, Sri Utomo dan Wakil Ketua Dadang Wihana.

Anggota Fraksi PKS,Suparyono menyampaikan bantuan tersebut adalah hasil saweran dari anggota Fraksi PKS yang dikumpulkan berdasarkan kemampuan dan kerelaan masing-masing anggota.

“Bantuan tersebut semoga bisa mengatasi kedaruratan ketersediaan APD yang dihadapi para tenaga kesehatan,”ujarnya usai menyerahkan bantuan tersebut di Balai Kota Depok. Kamis (26/3/2020).

Menurutnya bantuan alat perlindungan kesehatan (APD) Idealnya memang yang standart. Namun karena kenyataan di lapangan sangat langka, maka tiada akar rotanpun jadi.

“,Kami bersepakat untuk membeli jas hujan setelah berkonsultasi dengan Gugus Covid-19 Pemda Depok. Ini perlu tindakan segera karena memang benar-benar darurat, sambil menunggu semoga bantuan APD dari pemerintah pusat untuk memenuhi kebutuhan APD yang sesuai standar kwalifikasi segera tiba,”ujarnya.

Suparyono juga mengatakan perlu gerak cepat untuk menangani Covid-19. Jangan sampai pasien covid -19 melonjak tapi tidak diikuti dengan perlindungan para tenaga kesehatan.

“Kita khawatir jika mereka akan jadi korban siapa yang akan menolong masyarakat,”Katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua gugus percepatan penangan Covid-19, Sri Utomo menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada rekan-rekan anggota dewan dari PKS atas empati dan kepeduliannya.

“Semoga dapat meringankan rekan-rekan tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas, dimana mereka juga mulai banyak menerima keluhan masyarakat sementara perlindungannya masih belum memadai,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua fraksi PKS Sri Utami menyampaikan bahwa dirinya tidak bisa hadir bersama dalam acara serah terima APD tersebut. Meski demikian, Sri mengaku sangat bersyukur anggota Fraksi PKS terketuk hatinya untuk membantu meringankan pemerintah khususnya para pejuang kesehatan yang saat ini tengah berjibaku mengatasi covid-19.

“Sejak Depok ditetapkan tanggap darurat Covid-19 kami Fraksi PKS langsung menginisasiasi pembentukan Gugus Tugas Covid -19 yang diketuai Pak Suparyono dengan anggotanya Habib Ghasim, Imam Musanto dan Ade Firmansyah,”ujarnya

Selain itu Gugus kerja tersebut diarahkan untuk melaksanakan beberapa tugas antara lain melakukan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan bagaimana langkah menghadapinya

“Kemudian melakukan penyemprotan rumah ibadah dan tempat yang rawan bagi terjadinya penularan covid-19,”katanya.

Selanjutnya memberikan dukungan kepada tenaga medis serta pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak Covuid 19.

“Namun dalam perjalanan kami mengevaluasi bantuan penyemprotan rumah ibadah karena hal ini tidak sejalan dengan anjuran pemerintah untuk tetap di rumah dan menghindari kerumunan. Sehingga saat ini kami di PKS tidak lagi melalukan penyemprotan sebaliknya menghimbau agar masyarakat shalat di rumah saja,”katanya.

Sri Utami bersyukur karena teman-teman fraksi PKS memanfaatkan ujian ini sebagai sarana untk fastabiqul khairat berlomba-lomba melakukan kebaikan.