Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar Dianggap Layak Maju Sebagai Cagub Jabar 2018

Posted on 5 views

Depoknews.id, Depok– Meskipun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Calon Gubernur di Jawa Barat baru akan dimulai 2018, tetapi beberapa lembaga survei sudah melakukan survei di Jawa Barat. Ternyata kandidat terkuat untuk Cagub di Jabar adalah walikota Bandung, Ridwan Kamil dan kedua Deddy Mizwar.

Sosok Ridwan Kamil memang dinilai oleh beberapa kalangan memiliki popularitas dan elektabilitas yang cukup untuk maju sebagai Calon Gubernur di Pilkada Jabar 2018. Hasil survei yang dibeberkan oleh lembaga survei Indonesia Strategic Institut (INSTRAT) menunjukan elektabilitas Ridwan Kami mencapai angka diatas 30 %.

“Elektabilitas Ridwan Kamil (33,1 %) disusul Deddy Mizwar (16,4 %) dan Dede Yusuf (8,1%),” jelas siaran pers yang dikirimkan oleh Direktur Instrat, Jalu Pradhono Priambodo, Selasa (17/01/2017).

Kedua tokok tersebut (Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar) dianggap paling layak maju sebagai calon gubernur. “Ridwan Kamil unggul tipis dari segi kelayakan. Tapi Deddy Mizwar dari popularitas. Tapi jangan lupa, ini masih ada waktu satu setengah tahun lagi. Semuanya masih bisa berubah,” kata Jalu di Bandung, seperti dikutip dari Merdeka.com.

Jika melihat hasil survei kelayakan ketiga tokoh itu, Ridwan Kamil dianggap layak dengan 58,9 persen. Sedangkan Deddy Mizwar dengan angka 53,8 persen, serta Dedi Mulyadi 38,7 persen.

Survei yang dilakukan oleh Instrat sejak 24-28 November 2016 menyasar 1600 responden warga Jabar dengan usia diatas 17 tahun dan sudah menikah. Survei dilakukan dengan teknik wawancara face to face berbasiskan kuesioner terstruktur dipegang pewawancara dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 %.

Pengacakan responden menggunakan teknik multistage random sampling. Pengambilan sampel dibuat proporsional di 253 kota, kabupaten, hingga desa atau kelurahan. Margin error sebesar 2,49 persen.

Berikut elektabilitas beberapa tokoh yang diprediksi akan menjadi bakal calon gubernur Jawa Barat periode mendatang:

1. Ridwan Kamil (33,1 %)
2. Deddy Mizwar (16,4 %)
3. Dede Yusuf (8,1 %)
4. Dedi Mulyadi (7,9 %)
5. Uu Ruzhanul Ulum (1,4 %)
6. Bima Arya Sugiarto (0,9 %)
7. Golput (1,1 %)